Tempat Sholat di Kami di Korea
Geoje

Tempat Sholat Kami | Cerita dari Pulau Geoje

Hidup sebagai minoritas di belahan bumi lainnya memiliki arti bahwa saya harus menyesuaikan diri saya dengan lingkungan sekitar yang mungkin akan sangat bertolak belakang sekali dengan lingkungan dimana saya biasa tinggal di negara sendiri. Akan tetapi, di Pulau Geoje, salah satu pulau besar yang terletak di sebelah tenggara Korea Selatan, orang-orang yang hidup dan tinggal disini betul-betul sangat toleran terhadap agama yang dianut seseorang. Mereka paham bahwa saya tidak minum alkohol, tidak makan babi, dan mereka tidak memaksa, dan mereka tidak mempermasalahkan hal-hal tersebut sama sekali. Bahkan ketika kami berpuasa Ramadan, pun mereka paham kalau kami tidak makan di siang hari.

Toleransi yang kuat juga dapat saya rasakan dalam hal penyediaan tempat sholat. Meskipun kami, umat muslim, di tempat kerja saya kala itu jumlahnya sangat sedikit, akan tetapi mereka berkenan untuk menyediakan tempat khusus yang memungkinkan saya dan teman-teman muslim lainnya dapat beribadah dengan tenang. Meskipun kecil, namun tempat ini mempunyai segala hal yang kami butuhkan untuk melaksanakan sholat, seperti tersedianya wash basin untuk memudahkan kami mengambil air wudhu.

Tempat Sholat Kami di Korea
Tempat Sholat Kami

Sholat di tempat kerja saya di Korea rasanya seperti penawar rasa lelah, saya selalu menunggu waktu-waktu ini untuk tiba, karena ketika itu saya bisa rehat sejenak dari pekerjaan-pekerjaan yang rasanya tidak pernah ada akhirnya. Biasanya sebelum sholat, saya akan mengirimkan pesan kepada teman saya yang asalnya dari India, Ayoob namanya, dan biasanya kami akan sholat bersama. Ya kadang ada kejadian lucu juga sih, seperti misalnya ketika saya dan kawan saya sedang sholat, tiba-tiba ada seseorang yang masuk ke dalam, dan merasa kaget dengan apa yang sedang kita lakukan..hehe..

Bicara tentang toleransi, saya belajar banyak dari orang-orang Korea. Saya bersyukur pernah tinggal di salah satu bagian dari pulau Korea ini, dan bertemu dengan banyak sekali orang-orang baik disana. Hmm… Apa kabarnya ya Masjid At-Taqwa, Geoje? Apa kabarnya orang-orang Uzbek di Masjid Gohyeon? Semoga semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini