T Money Card
Busan Geoje Korea Seoul

T-Money : Kartu Serba Bisa yang Harus Kamu Beli di Korea

Jika saya boleh memberikan satu tips kepada para pembaca yang ingin pergi berjalan-jalan di Korea secara mandiri, maka tips yang akan saya berikan adalah “Belilah T-Money”. Apa itu T-Money, dan mengapa harus membelinya? Simak penjelasan saya disini!

Apa itu T-Money?

T-Money ini adalah smartcard prabayar yang bisa digunakan untuk membayar ongkos di setiap moda transportasi publik seperti bus, subway dan taksi di Korea. Kartu ini bisa digunakan di berbagai kota terkenal di Korea, seperti Seoul dan Busan (baca juga : 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Seharian di Busan).

P.S. Perlu diperhatikan bahwa kartu ini tidak bisa digunakan di semua Kota yang ada di Korea, seperti Gwangju misalnya, dia menggunakan jenis kartu tersendiri

T-money ini punya banyak bentuk dan ukuran. Bukan hanya berbentuk kartu saja, tapi ada pula yang berbentuk seperti USB, gantungan kunci, dan lainnya. Dan bahkan yang berbentuk kartu pun, tidak dijual dalam satu desain yang sama.

T-Money untuk dipakai di Korea
Contoh Salah Satu Kartu T-Money | Kredit : talktomeinkorean

Nah, mengapa saya katakan serba bisa? Karena, Selain bisa dipakai untuk membayar moda transportasi, T-Money ini juga bisa digunakan untuk membayar barang yang kita beli di convenience store yang ada di Korea, yang menempelkan simbol T di depan tokonya. Praktis bukan?

T-Money ini, sepengetahuan saya digolongkan menjadi tiga jenis berdasarkan umur pemakainya, ada kategori Dewasa, Remaja dan Anak-Anak. Jadi, ketika membeli, pastikan kamu membeli sesuai dengan kategori yang tepat sesuai dengan usiamu.

Mengapa Membeli T-Money?

Selain praktis, T-Money ini juga memberikan diskon lho. Seperti misalnya, jika kamu menggunakan subway di Seoul, harga tiket untuk pembayaran cash adalah sebesar sekitar 1350 won, nah jika menggunakan kartu ini, kamu akan dapat diskon 100 won, jadi hanya perlu membayar 1250 won saja.

Selain itu, jika misalkan kita ingin pergi menuju ke suatu tempat, dan perjalanannya membutuhkan dua moda transportasi, seperti misalnya dari subway ke bus, dari bus ke subway, atau dari bus ke bus, maka kamu bisa mendapatkan diskon transfer perjalanan, dimana kamu tidak perlu membayar full price untuk moda transportasi kedua yang kamu pakai, dengan catatan, waktu transfer itu tidak lebih dari 30 menit. Nah, bagaimana caranya? Caranya adalah, dengan men-tap kartu T-Money mu sebelum kamu keluar dari stasiun subway atau keluar dari Bus, maka kartu mu akan ter-record untuk bisa mendapatkan diskon transfer ini selama 30 menit ke depan. (Namun saran dari saya, baik mau transfer atau tidak, ketika keluar dari bus atau subway, kamu sebaiknya selalu men-tap kartumu di alat yang tersedia disana).

Dimana Membeli T-Money?

T-Money dapat dengan mudah dibeli seluruh convenience store yang ada di Korea, yang menampilkan logo T-nya T-Money disana, seperti di CU, GS25, Ministop, dll. Selain itu, di beberapa stasiun subway, juga disediakan mesin yang menjual T-Money ini. Jadi, tidaklah bingung untuk mencari tempat untuk membelinya.

Bagaimana dengan harganya? Harga yang dijual ini ternyata bervariasi mulai dari 2500 won, bergantung pada jenisnya, yang saya tidak tahu alasannya mengapa dijual berbeda-beda. Saran dari saya, belilah yang paling murah saja!

Bagaimana Cara Mengisi Ulang?

Kamu bisa mengisi ulang kartu ini dengan mudah. Kamu bisa datang ke convenience store yang memasang logo T di depannya dan bilang kepada penjaga tokonya “recharge sambil menyodorkan uang dan kartu yang kamu punya, insyaallah si penjaga toko sudah bisa memahaminya.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi ulang kartu ini di machine yang ada di setiap stasiun subway. Tenang saja, pilihan menu dalam bahasa Inggris selalu tersedia.

Mesing Isi Ulang T-Money
Mesin untuk Membeli Tiket atau Mengisi Ulang T-Money | Kredit : talktomeinkorean

Cara Menggunakan

1. Bus

Sebelum masuk ke dalam bus, tempelkan kartumu di alat sensor yang terletak di bagian depan bus, di sebelah ruang kemudi sopir sampai alat tersebut berbunyi dan menampilkan jumlah yang dibayar di bagian atas, dan sisa saldo di bagian bawah. Sebelum keluar dari bus, tempelkan kembali kartumu di alat yang terletak di bagian pintu belakang bus.

P.S. di Korea, untuk menaiki bus, kamu harus selalu naik dari pintu depan bus, jangan coba-coba masuk dari pintu belakang. Karena pernah ada kejadian teman saya, karena tidak tahu tentu saja, dia masuk melalui pintu belakang, dan langsung dimarahi oleh sopirnya..hehe

2. Subway

Letakkan kartu pada alat sensor yang tersedia di atas pintu putar sampai berbunyi dan menampilkan biaya yang ditarik di bagian atas dan sisa saldo di bagian bawah. Jika kamu hanya melakukan transfer, maka jumlah biaya yang ditarik akan ditampilkan “0” (nol) saja. Ketika sampai di tempat tujuan, tempelkan kembali kartu ke alat sensor.

Alat Sensor T-Money
Alat Sensor T-Money | Kredit : talktomeinkorean

Cara Me-refund

Wah, tenyata kartu ini bisa juga di refund! Untuk kartu dengan saldo sebesar 20.000 won atau kurang, kamu bisa me-refund sisa saldomu dengan membayar biaya servis sebesar 500 won di berbagai convenience store seperti GS25, CU, 7-Eleven, Mini Stop, dll yang menampilkan logo T-Money di depannya. Namun, jika saldo mu lebih dari 20.000 won, kamu bisa melakukan refund di T-Money Headquarters yang terletak tepat di luar Exit 8 dari stasiun Seoul.


Nah itulah salah satu tips yang bisa saya bagi pada artikel kali ini. Semoga harimu menyenangkan!


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini