Sandal Hilang di Masjid Nabawi
Arab Saudi Madinah

Sandal Hilang di Masjid Nabawi dan Tips Agar Tidak Hilang

Pengalaman Sandal Hilang di Masjid Nabawi

Saya selalu berusaha menjaga barang bawaan saya agar tidak hilang selama saya berada di Makkah, bahkan sandal sekalipun. Ketika masuk ke dalam Masjidil Haram, saya selalu membawa tas serut untuk memasukkan barang-barang yang saya perlukan (baca juga : 5 hal yang harus kamu bawa di Masjidil Haram). Namun, ketika di Madinah, agaknya saya sedikit lengah, sehingga saya terpaksa harus merelakan kehilangan sandal saya :D.

Sandal Hilang di Masjid Nabawi
Kredit : Iqdam Aun Rafiq

Adalah pada hari itu, saya tidak membawa masuk sandal yang saya gunakan, namun saya memasukkan sandal saya di rak sandal yang terletak di depan pintu masuk Masjid Nabawi. “Di pojok kanan atas” kalau saya tidak silap dan saya betul-betul sudah mengingat dimana saya letakkan sandal saya tersebut. Selesai sholat, saya kembali mengecek di rak yang tadi, namun tidak saya temukan dimana ia berada. “Ah, mungkin saya lupa, saya salah rak, tak coba cari di rak lain deh”. Saya cari di rak lain yang bersebelahan, namun tak kunjung juga saya temukan. Apakah sandal saya hilang dicuri? Hmmm….

Dicuri? Ya, memang mungkin saja. Tapi masih mungkin ada sebab-sebab lain mengapa sandal saya bisa raib, seperti misalnya:

  • Lupa meletakkan di rak lain yang jumlahnya banyak.
  • Tertukar karena sandal saya mirip dengan sandal seorang yang lain.
  • Mungkin sandal saya terjatuh ketika ada seseorang menarik sandal yang terletak satu rak dengan sandal milik saya
  • Ketika sandal saya jatuh, orang tersebut mengembalikan namun di kotak yang berbeda.
  • Atau, sandal saya yang terjatuh tadi kemudian dibuang/dikumpulkan di sisi pintu oleh petugas kebersihan.

Dan masih ada beberapa kemungkinan lainnya.

Walhasil, saya pun harus bertelanjang kaki berjalan di atas lantai-lantai putih di pelataran Masjid Nabawi, menuju komplek pertokoan yang terletak di bagian luar, di sebelah selatan Masjid Nabawi. Membayar sekitar 5 riyal, saya dapatkan sandal pengganti berwarna putih, yang sampai saat ini masih saya pakai di Indonesia.

Sandal Putih Pengganti
Sandal Putih Pengganti

Tips Agar Sandal Tidak Hilang di Masjid Nabawi

Nah, bagaimana agar hal yang terjadi pada saya tidak menimpa kawan semua? Caranya adalah dengan mengambil plastik bening yang tersedia di berbagai penjuru Masjid Nabawi, dan memasukkan sandal kamu kedalam plastik tersebut, serta membawanya masuk ke dalam Masjid. Seperti apa plastik-plastik bening sebagai wadah sandal tersebut? Lihat di video berikut ini.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini