Wonderful Autumn at Sanbangsan Biwon
Geoje Korea

Sanbangsan Biwon : “Secret Garden” di Pulau Geoje

Setelah sebelumnya puas menyaksikan dan mengambil banyak gambar bersama bunga-bunga cosmos yang bermekaran di daerah Dundeok-myeon, pulau Geoje, pada musim gugur (baca: Bunga Cosmos Bermekaran di Sebelah Selatan Korea). Di daerah Dundeok-myeon ini, terdapat pula satu objek wisata lain yang menurut saya sangat special, yaitu 산방산비원 (Sanbangsan Biwon) atau juga disebut sebagai secret garden-nya Pulau Geoje.

Tentang Sanbangsan Biwon

Sanbangsan Biwon yang berupa taman yang dikelola secara pribadi ini merupakan taman yang sangat cantik. Dengan harga tiket masuk sebesar 8000 KRW saja, perjalanan ke tempat ini dapat di tempuh dengan berjalan kaki dari tempat dimana kita menyaksikan bunga-bunga kosmos.

Terletak di kaki gunung Sanbang, taman ini mencakup area seluas lebih dari 24-acres. Taman ini memiliki lebih dari 1000 jenis bunga-bunga liar, pepohonan, belukar, dan berbagai macam spesies-spesies tanaman yang tergolong langka lainnya. Terletak di bagian atas dari Desa Munhwa di Bangha-ri, Dundeok-myeon, dimana dua orang maestro seni dan budaya kontemporer Korea, yaitu Yu Chi-Jin (penulis dengan nama pena Dongrang, 1905-1974) dan Yu Chi-hwan (pembuat puisi dengan nama pena Cheungma) dilahirkan, Sanbangsan Biwon adalah taman terbesar yang ada di Pulau Geoje.
 Sanbangsan Biwon
Foto Sanbangsan Biwon Gwangwan Sikmulwon ini merupakan hak milik TripAdvisor

Di tempat ini, terdapat 21 landmark yang dapat dikunjungi satu persatu dengan berjalan kaki, yang menurut saya semuanya unik. Ada air terjun (yang kala itu sayangnya sedang mengering), kolam-kolam air, rumah besar yang sepertinya kepunyaan pemiliknya, air mancur, dan lain-lain.

Peta Sanbangsan Biwon

Tiket Masuk dan Waktu Buka

Harga tiket masuk untuk masuk ke secret garden ini yaitu:

  • Dewasa : 8000 KRW
  • Remaja : 5000 KRW
  • Anak-anak (sampai 36 bulan) : 3500 KRW

Sedangkan bergantung pada musimnya, waktu buka dari tempat ini bervariasi yaitu:

  • Summer season (April – September) : 08.00 – 19.00
  • Winter season (Oktober – Maret) : 09.00 – 17.00
Sanbangsan Biwon
Kredit : 최일효

#Website : http://www.beeone.co.kr/ (Korean only)

Cerita Saya

Kala itu, setelah puas berkeliling di sekitar tempat kami menikmati padang bunga cosmos, kami putuskan untuk melanjutkan perjalanan kami menuju ke Sanbangsan Biwon ini. Karena kami tidak melihat ada bus umum yang melintas, akhirnya kamipun berjalan kaki menuju ke tempat ini. Agak jauh memang, jalanan menanjak pun harus kami lalui.

Namun, setelah membayar tiket sebesar 8000 KRW dan masuk ke dalamnya, kami benar-benar disuguhi pemandangan menakjubkan yang membuat hati kami berdesir. Daun-daun yang berwarna warni kala musim gugur, dan suasana kaki pegunungan yang asri membuat kami terkagum-kagum.

Rekan kerja saya mengatakan bahwa musim gugur di Korea akan jauh lebih mengesankan bila kita menikmatinya dengan mengunjungi taman-taman nasional yang tersebar di beberapa tempat di negeri ini, seperti di Taman Nasional Seoraksan (baca juga : Menikmati Pemandangan Menakjubkan di Gunung Seorak). Namun, tidak adanya waktu libur panjang pada waktu itu membuat saya dan kawan-kawan yang lain tidak bisa pergi ke tempat-tempat spektakuler yang terletak sangat jauh dari tempat kami tinggal.

Alhamdulillah, rasa penasaran kami akan indahnya musim gugur pun akhirnya terbayar ketika kami menemukan tempat yang berada dekat dengan tempat tinggal kami dan bisa ditempuh beberapa jam saja dengan menggunakan bus umum. Di tempat ini saya betul-betul merasakan apa yang dinamakan dengan wonderful autumn! 

Wonderful Autumn at Sanbangsan Biwon
Wonderful Autumn

Taman ini cukup luas, dan di tempat ini kami dapat melihat berbagai macam jenis tumbuhan dan hal-hal lain yang membuat kami betah berlama-lama disini. Tentu saja, sambil berjalan kaki mengelilingi keseluruhan area taman, kami juga mengambil banyak gambar eksotis, termasuk pula : pelangi yang direkayasa sedemikian rupa sehingga dapat muncul di atas kolam air:

Sanbangsang Biwon
Kredit : @gardindaru

Agaknya, pilihan untuk datang ke tempat ini pada musim gugur merupakan pilihan yang tepat. Dan memang, dari keempat musim yang ada, musim gugur dan musim semi lah yang paling saya sukai. Ah, kapan lagi ya bisa merasakannya.


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini