Restoran Halal di Seoul
Korea Seoul

5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul

Apalah artinya jika pergi melancong ke Korea tapi tak bisa menikmati makanan lokal. Entah karena kita tidak temukan restoran lokal yang menyediakan menu halal, ataupun kita tidak tahu dimana letak dari restoran lokal tersebut. Nah, untuk kawan yang ingin menikmati makanan Korea yang halal boleh follow petunjuk di bawah ini. Berikut adalah 5 restoran Korea yang bisa kawan kunjungi di Seoul! (baca juga : Menelusuri Masjid-Masjid di Korea Selatan).Sebelum saya berbagi, ada baiknya saya beritahu dulu. Kebanyakan makanan Korea lokal halal yang akan saya bagikan disini terletak di daerah Itaewon, dekat dengan Seoul Central Mosque. (baca juga : 3 Muslim Friendly Guesthouse untuk Pelancong Muslim di Korea)

1. Restoran Murree Muslim Food

5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul : Murree Muslim Food

Memanglah betul, daerah Itaewon ini merupakan tempat yang paling favorit dikunjungi oleh pelancong-pelancong Muslim macam saya ini pula. Jika kita akan pergi ke Seoul Central Mosque, maka sebelum sampai ke sana kita akan temukan satu restoran yang menyediakan makanan lokal yang halal. Nama restoran ini adalah Murree Muslim Food, yang letaknya di sebelah kanan jalan.

Restoran yang beroperasi sejak tahun 2008 ini menyajikan banyak ragam menu makanan. Selain makanan Korea, restoran ini pun juga menyediakan makanan India maupun Pakistan. Tapi bila kita pergi ke Korea, tentu lah kita mau coba makanan Korea yang asli dibuat di negerinya. Nah, di Murree ini, menu makanan Korea yang ditawarkan ada banyak macamnya. Ada Samgyetang (Sup Ayam Gingseng), Kimchi Bokkeumbap (Nasi Goreng Kimchi), Bulgogi, Kimchi Jeon (macam bakwan), dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan pula banchan (makanan sampingan) yang selalu disajikan di restoran-restoran lokal di Korea.

5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul : Murree Muslim Food Menu
So much food | Kredit : Murree Muslim Food

Nah, untuk menu lengkapnya, boleh kawan lihat di bawah ini

Murree Menu 01
Menu Murree – 01
Murree Menu 02
Menu Murree – 02
Murree Menu 03
Menu Murree – 03

Lah kok saya jadi lapar ya :p

#Cara menuju ke tempat ini Dari stasiun Itaewon (Seoul Subway Jalur 6), keluarlah dari Exit nomor 3, lalu berjalan lurus sekitar 100 m, dan beloklah ke kanan. Sampai di pertigaan jalan, beloklah ke kiri, dan berjalanlah ke atas. Restoran ini terletak di sebelah kanan jalan, sebelum sampai ke Seoul Central Mosque.

Murree Direction

#Jam Buka : Senin – Jum’at : 11.30 – 21.30 ; Sabtu – Minggu : 11.10 – 21.30

#Facebook : Murree Muslim Food

2. Makan Halal Korean Restaurant

5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul : Makan Halal Korean Restaurant
Kredit : Makan Halal Korean Restaurant

Nah, masih di sekitar itaewon, restoran yang kedua ini letaknya tidak jauh dari Seoul Central Mosque. Restoran yang dibuka mulai dari Februari 2015 ini dimiliki oleh orang Muslim asli dari Korea, dan saya pun melihat sertifikat halal yang terpampang di dinding restoran. Jadi, tidak perlu lah ada rasa ragu untuk coba makan makanan disini. Selain rasa makanannya yang sedap dan tempatnya yang luas dan selesa, harganya juga lebih affordable dan banyak pula pilihan menunya.

Makan Halal Korean Restaurant Menu
sneak peek the menu

Waktu itu saya coba makan Bulgogi yang rasanya hmmm… sedap sekali!

Bulgogi at Makan Korean Halal Restaurant

#Cara mencapai tempat ini : Jika kawan melewati Murree Muslim Food, teruskanlah berjalan hingga kawan melewati Seoul Central Mosque. Berjalanlah sebentar lagi, dan kawan akan temukan restoran ini di sebelah kanan jalan.

Berikut ini saya bagikan rute dari Murree Muslim Food sampai ke Makan Halal Restaurant.

Makan Restaurant Direction

#Jam Buka : Senin – Ahad (Kecuali Selasa, Libur) pukul 10.30 – 22.00

#Facebook : Makan Halal Korean Restaurant

#P.S. Selain menyediakan makan di tempat, restoran ini juga menyediakan dosirak untuk kawan bisa bawa pulang.

3. EID – 이드 Halal Korean Food

5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul : Eid Restaurant
Kredit : Eid – Halal Korean Food

Restoran ketiga yang menyediakan menu makanan lokal Korea yang disajikan secara halal dan rasanya lezat adalah EID – 이드 Halal Korean Food yang mulai dibuka sejak 13 Oktober 2014. Awal mula saya datang kesini, pada waktu akhir-akhir musim semi. Namun sayang, tutup, karena pemiliknya sedang bersiap untuk membuka EID Guesthouse.

Nah, restoran Eid ini dimiliki oleh Uncle Yusuf dan anaknya, Sa’ad. Awal saya tau restoran ini adalah dari facebook, dimana banyak orang-orang yang mengambil gambar bersama pemilik di depan restoran ini. Tak ketinggalan, saya pun melakukan hal yang sama..hehe

Pada waktu itu, saya memesan Bulgogi which is so delightful rasanya, dengan harga 10.000 KRW saja. Tentu saja, banchan (side dish) yang lezat tidak lupa mereka sediakan, ada tteokbokki, ikan teri, dan juga kimchi.

Bulgogi Set at Eid Restaurant

Selain itu, begitu selesai menyantap hidangan, pemilik restoran akan dengan sigap menyediakan Teh Uimeja yang rasanya sedaaaap.

Perlu tau juga, biasanya ramai pengunjung yang datang di tempat ini, pun ruangan di dalam tidak cukup besar dibandingkan dengan Makan Halal Korean Restaurant. Jadi, jika datang kesini sudah penuh, boleh cari alternatif restoran lain.

#Cara menuju tempat ini : Jika telah melewati Makan Halal Korean Restaurant, berjalanlah terus. Restoran ini ada di sebelah kiri kawan-kawan.

Eid Restaurant Direction

#Jam Buka : Selasa – Ahad (Senin Libur) pukul 11.30 – 21.00

#Facebook : EID – 이드 Halal Korean Food

#P.S. : Selain menyediakan tempat makan, EID juga membuka guest house. Boleh tengok di facebook page Eid Guesthouse – Korean Muslim House.

4. BoA Guesthouse – Halal Korean Food Dosirak

5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul : BoA Guest House Halal Korean Dosirak

Nah, tempat ke empat ini letaknya tidak lagi ada di daerah Itaewon. Namun berada di Hongdae (Hongik University) yang merupakan tempat yang ramai pula dikunjungi para wisatawan, karena banyak toko-toko, cafe, dan juga pertunjukan-pertunjukan di sepanjang jalan di daerah ini.

Pada awalnya, tempat ini hanya menyediakan halal dosirak saja. Namun, karena banyaknya permintaan, mereka merenovasi ulang tempat penginapan mereka, dimana dapur dan juga tempat makan yang luas pun menjadi ada dan tersedia. Pemilik dari tempat ini memasak semua makanan, dimana semua bahan, termasuk daging halal, di beli dari sebuah supermarket halal di Itaewon.

BoA Menu

#Cara memesan dosirak: kirimkan pesan ke Facebook Fanspage Halal Korean Food Dosirak, Hongdae of Seoul, dengan menyebutkan menu dan jumlah, waktu pengambilan dan nama akomodasi kawan di Seoul.

#Cara mencapai tempat ini : Turun ke stasiun subway Hongik University, kemudian ambil pintu keluar nomor 4, kemudian ikuti petunjuk di bawah ini.

BoA direction

#P.S. Selain menyediakan tempat makan, kawan juga bisa memilih BoA Travel House ini sebagai opsi untuk menginap jika datang pergi ke Seoul.

5. Yang Good Korean BBQ – Yeoksam

5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul : Yang Good BBQ

Sering kali saya lewat di depan restoran-restoran lokal di pulau Geoje, sambil melihat orang-orang setempat membakar dan membolak-balik daging. Tak terbayang seperti apa rasanya, karena saya pun tak boleh coba, sebab tentu tak halal :'(.

Nah, pada waktu saya pergi ke Seoul, akhirnya saya pun alhamdulillah sempat berkunjung ke sebuah restoran yang letaknya di daerah Gangnam -bukan Gangnam Style :p- yang menyajikan Halal Korean BBQ!

Budget untuk makan disini adalah dari sekitar 11.000 sampai 25.000 KRW, tergantung dari apa yang kawan pesan. Namun, budget itu cukup lah untuk dua sampai tiga orang.

Yang Good BBQ Menu

Tender dan juicy itulah yang saya rasakan ketika mencoba merasakan Korean BBQ ini. Unik, dan patut untuk di coba!

Yang Good Satay
Macam Sate Klathak kan

#Cara menuju tempat ini : Naiklah subway dan turunlah di stasiun Yeoksam, kemudian ambil pintu keluar nomor 6. Ikutilah petunjuk di bawah ini

Yang Good BBQ Direction

#Jam Buka : Restoran ini buka sekitar pukul 4 sore sampai larut malam.

Nah, itulah lima restoran yang bisa saya bagikan disini untuk kawan-kawan yang ingin coba merasakan makanan khas Korea yang autentik dan halal dan di sajikan langsung di negaranya sendiri. Hmm… Selamat mencari dan selamat makan!

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini