Preksu Cabang Pandega Marta
Indonesia Yogyakarta

Preksu : Kuliner Jogja, Harga Murah, Porsi dan Rasa Luar Biasa

Preksueits, bagi yang pertama kali mendengar kata ini, mungkin akan merasa, kalau kata ini adalah kata yang kasar, offensive dan seperti mau ngajak berantem. Ya gak? Tapi, tenang saja, disini saya gak akan ngajak berantem kok, cuma mau ngajak makan saja..hehe.

Di kesempatan ini saya mau sedikit cerita pengalaman saya menikmati menu yang jadi andalan salah satu warung makan di Jogja yang dinamakan Preksu. Preksu sendiri adalah singkatan dari Geprek Susu. Nah, yang dimaksud disini adalah Ayam Geprek dan Susu, jadi bukan ayam geprek yang di campur susu ya, tapi ayam geprek sendiri, susu sendiri.

Preksu | Ayam Geprek dan Susu

Sejatinya, saya sudah beberapa kali lewat di depan warung Preksu (cabang Pandega Marta) ini waktu dulu saya ikut Belajar Bahasa Arab di Ma’had Umar Bin Khattab. Tapi, inilah kali kedua saya datang kembali untuk makan di tempat ini. Tadinya, niatan saya datang ke daerah ini adalah ingin mencoba Mie Ayam di warungnya Pak Kemi, tapi ternyata tadi siang masih tutup. Berhubung dari pagi belum makan pakai nasi, yoweslah, saya putuskan buat makan disini lagi.

Tempat ini, sepengamatan saya, selalu saja ramai dikunjungi. Mungkin karena harganya yang anak kost banget, porsinya yang besar (plus nasi bisa ambil sendiri), dan rasanya yang menarik, menjadikan para pelanggan kembali datang dan datang lagi ke tempat ini.

Alamat dan Lokasi Preksu

Preksu ini sudah punya tiga cabang di Jogja:

Pusatnya adalah Preksu Colombo UNY, Jalan Samirono Baru No.1 – C UNY

Yang kedua adalah Preksu Pandega Marta, Jalan Pandega Marta No.181, tempat dimana saya menyantap makan tadi siang.

Dan yang ketiga adalah Preksu Deresan UGM, Jalan Gambir Deresan UGM.

Preksu Cabang Pandega Marta
Preksu Cabang Pandega Marta

Menu dan Harga Preksu

Selain ayam geprek, di warung ini juga menyediakan menu lain, seperti cumi, gurame, jamur, dan lain-lain. Menu minuman yang tersedia pun ada banyak macamnya, mulai dari susu yang punya aneka macam rasa, sampai minuman biasa seperti teh dan jeruk. Ingin tahu menu yang ditawarkan dan harganya? cek dibawah ini.

Menu Preksu (1)
Menu Preksu (3) Menu Preksu (4)

Tadi siang saya memesan Paket 1D yang terdiri dari Nasi, Ayam Krispi dan Telor, beginilah kira-kira penampilannya:

Nasi, Ayam Krispi, Telur

Jika kita mau memesan makanan di tempat ini, langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  • Ambil daftar menu dan kertas pesanan di kasir
  • Pilih tempat duduk, tulis pesanan, berikut jumlah cabai yang mau digunakan dan jumlah makanan atau minumannya, kemudian serahkan kembali ke kasir.
  • Pesanan akan diantar ke meja
  • Ambil nasi dan lalap sendiri di tempat yang sudah disediakan
  • Selesai makan dan minum, bayarlah di kasir

Yang Unik dari Preksu

Selain tempat makan yang luas, dan hampir selalu ramai. Ada sesuatu yang unik yang menggelitik saya. Hal ini dapat dilihat dari beberapa banner yang terpampang di dinding warung ini. Setidaknya ada tiga hal yang membuat saya merasa perlu menuliskannya disini:

  • Setiap Senin dan Kamis, bagi yang berpuasa sunnah, tersedia 50 porsi ayam geprek dan es teh/jeruk yang dibagikan gratis.
  • Setiap Jum’at, bagi yang sudah membaca Surat Al-Kahfi, juga disediakan 50 porsi yang juga dapat dinikmati secara gratis. Syaratnya cuma : kejujuran. Mantep kan?

Senin, Kamis, Jumat Gratis

  • Dan yang ketiga, lebih mantep lagi, yakni : kalau Adzan sudah berkumandang, maka pelayanan di warung ini akan dihentikan sementara waktu untuk memberi kesempatan karyawan melaksanakan sholat. Gimana? MasyaAllah sekali kan warung ini

Waktu Sholat

Saya do’akan semoga berkah…aamiin


 Nah, jika kawan datang berlibur di Jogja, dan ingin merasakan bagaimana sensasi rasa dan pedas dari Ayam Geprek Jogja, cobalah untuk datang mengunjungi salah satu dari tiga cabang Preksu di atas. Rasakan makanannya, dan tinggalkan pendapatmu di kolom komentar berikut ya… 🙂


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini