Gunung Seorak yang Indah
Korea Seoul

Menikmati Pemandangan Menakjubkan di Gunung Seorak

Jika kawan pergi ke Seoul, saya sarankan kawan untuk tidak melewatkan perjalanan ke Gunung Seorak yang terletak di sebelah Timur dari Kota Seoul (dan Negara Korea Selatan). Memang perjalanan ini akan memakan waktu yang agak lama, sekitar 3 jam dari Seoul. Namun, inshallah pengorbanan kawan tidak akan tersia-siakan ketika kawan sampai ke tempat ini. Pemandangan dari atas gunung ini, wah mashallah indah sekali.

Pengantar Tentang Gunung Seorak

Gunung Seorak (dalam bahasa Korea : Seoraksan), sering juga disebut Seolsan atau Seolbongsan . Gunung ini diberi nama “Seorak” (diambil dari kata “Seol” yang berarti “Salju” dan “Ak” yang berarti “Gunung yang besar“) karena salju yang terdapat di gunung ini tidak meleleh dalam waktu yang lama, yang membuat bebatuan yang terdapat di puncaknya selalu berwarna putih. Distrik Gunung Seorak dinobatkan sebagai Biosphere Preservation District oleh UNESCO pada bulan Agustus 1982.

Gunung Seorak yang Indah

Cara Menuju ke Gunung Seorak

Pertama : Pergi ke terminal bus Dong Seoul yang terletak di dekat Stasiun subway Gangbyeong, Jalur 2, Jalur warna hijau, pintu keluar nomor 4.

Kedua : Pergi ke counter bus manapun, dan tanyakan kepada penjaga counter : bus ke Sokcho (속초)

#P.S. Harga tiket (November 2015) : 17,300 KRW.

Ketiga : Tunggulah keberangkatan bus di platform nomor 5 (atau sesuai yang tertera di tiketmu). Pastikan kamu naik ke Bus yang tepat, sesuai dengan jam keberangkatan yang tertera di tiket.

Keempat : Setelah kawan sampai di Terminal Bus Sokco, segeralah menuju ke halte bus terdekat, dan kemudian naiklah bus nomor 7 atau 7-1.

Halte Bus Sokcho
Kredit : budgettravel2korea

Kelima : Setelah menempuh perjalanan sekitar 40 menit, turunlah di pemberhentian terakhir dari bus ini, yaitu Seoraksan National Park.

#P.S. Harga tiket bus : 1200 KRW, Cashbee bisa digunakan untuk membayar bus, akan tetapi tidak untuk T-Money.

Menikmati Indahnya Gunung Seorak dari Puncak

Jika kawan hanya punya waktu sebentar saja di tempat ini, saya sarankan kawan segera masuk ke dalam komplek taman nasional, dan segera menuju ke kantor Cable Car Information. Mengapa? karena pemandangan di sekitar gunung ini akan jauh terlihat lebih indah bila dinikmati dari atas puncak. Nah, cara yang paling cepat untuk sampai ke puncak adalah dengan menggunakan Cable Car.

Gunung Seorak dilihat dari atas puncak

#P.S. Biaya masuk kawasan taman nasional : 3500 KRW ; Biaya untuk naik Cable Car : 10.000 KRW untuk perjalanan pulang pergi.

Cerita Saya

Pada waktu itu, saya dan juga kakak serta adik saya yang sedang berlibur ke Seoul merencakanan untuk pergi ke Gunung Seorak. Sekitar pukul 5 pagi, kami mulai bersiap untuk mandi dan sarapan. Segeralah kami menuju ke terminal bus Dong Seoul, dengan harapan kami dapat mengejar bus yang berangkat pada pukul 07.30. Namun, sayang sekali begitu sampai di konter tiket, tiket bus yang berangkat pada pukul tersebut sudah habis terjual, pun dengan bus-bus yang berangkat setelahnya. Kami akhirnya mendapatkan bus yang berangkat pada pukul 08.59. Tidak!

#Tips : Kami pergi ke Gunung Seorak pada waktu musim liburan di Korea, ada baiknya, jika kawan berencana untuk berkunjung ke Gunung Seorak di musim-musim liburan atau pada saat weekend, saya sarankan untuk book tiket di hari sebelumnya.

Setelah menunggu di platform nomor 5, akhirnya bus berwarna merah-biru dengan tujuan Sokcho datang. Kamipun segera naik ke atas. Nah, dengan biaya 17.300 KRW kawan bisa nikmati perjalanan menuju tempat tujuan dengan nyaman, karena bus ini adalah bus deluxe yang benar-benar sangat comfortable.

Kami tiba di Terminal Bus Sokcho pada pukul 11.30. Karena lapar, kami pun memakan bekal makan siang kami, yang pada waktu itu hanya berupa nasi dan sarden kaleng saja.

#P.S. Perlu diketahui, setelah saya coba cari-cari di berbagai sumber, belum saya temukan ada restoran halal yang tersedia disini. Opsi seafood mungkin tersedia di beberapa restoran, namun saya tidak sempat melakukan riset lebih jauh. (baca juga : 5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul)

Kemudian, kami menunggu dan menaiki bus bernomor 7 di halte di dekat terminal bus Sokcho tersebut. Perjalanan menuju tempat tujuan memakan waktu sekitar 40 menit. Setelah sampai di pemberhentian terakhir, kemudian kami berjalan kaki dan membayar tiket masuk sebesar 3500 KRW. Dan, karena sampai sana pun sudah siang, kami pun segera bergegas berjalan menuju kantor yang menjual tiket Cable Car.

Namun, kembali, karena kami datang di waktu-waktu peak, kami pun harus bersabar menunggu selama 2,5 jam agar bisa naik ke puncak dengan menggunakan cable car. Hehehe…

#P.S. Jika kawan punya waktu senggang, saran saya, cobalah untuk menginap satu hari di tempat ini. Kalaupun tidak bisa, saya sarankan untuk berusaha agar bisa sampai ke tempat ini lebih pagi. Utamanya di musim liburan / akhir pekan.

Perjalanan ke atas, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Setelah sampai ke atas, kita bisa meneruskan untuk berjalan ke puncak gunung. Nah, nikmatilah pemandangan menakjubkan di Puncak Gunung Seoraksan!

Pemandangan Gunung Seoraksan
Seoraksan | Kredit :@sopyuri

#Final Tips : Pemandangan dari Gunung ini akan sangat cantik bila dikunjungi pada saat musim gugur, ketika warna dedaunan bercampur antara hijau, kuning, orange dan merah. Cek perkiraan puncak terjadinya musim gugur di website-website lain yang biasanya menampilkan forecast kapan puncak musim gugur akan terjadi di beberapa tempat terkenal di Korea.