Padang Arafah
Haji dan Umrah Umroh Guide

Panduan Umrah dalam Dua Lembar Kertas HVS

Kala itu, saya banyak mencari-cari materi yang saya butuhkan sebelum berangkat ke tanah suci sendiri karena sejujurnya tidak banyak ilmu yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan di KBIH (baca juga : Bagaimana Memilih KBIH – Jangan Sampai Menyesal). Utamanya tentu saja, karena saya jarang pulang ke rumah untuk sekedar mengikuti bimbingan.Saya kumpulkan materi-materi yang ada, dan kemudian saya baca, telaah serta pelajari satu persatu, sambil membayangkan seperti apa nanti pelaksanaan ibadah umrah dan haji di tanah suci sana. Sampai pada akhirnya saya dapati, apa-apa yang saya pelajari berkumpul dalam satu kufu (baca juga : 4 Referensi Belajar Manasik Haji secara Mandiri). Namun, ada beberapa hal yang ternyata berseberangan dengan apa yang saya dapat dari pengajaran di KBIH. Ah, tentulah saya bukan ahli dalam hal ini, dan setiap kali saya ingin menuliskannya, saya selalu tertahan, apakah yang saya tuliskan ini benar? Semoga Allah ampuni saya dan memberi saya petunjuk. Dan disini, ijinkan saya meminta kepada para pembaca untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, dan jika ada sesuatu yang kurang berkenan di halaman ini, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Rukun-Rukun Umrah

Sebelum saya tampilkan rangkuman panduan pelaksanaan umrah dalam dua lembar kertas HVS, ada baiknya saya sebutkan empat rukun umrah yang tidak boleh kawan tinggalkan, yaitu :

  1. Niat untuk melakukan Umrah
  2. Tawaf
  3. Sa’i antara bukit Safa – Marwa
  4. Tahallul

Panduan Umrah dalam Dua Lembar Kertas HVS

Salah satu materi yang saya temukan sangat berguna adalah flyer umrah yang pada mulanya dibuat oleh Muhammad Alshareef. Saya merasakan apa yang dibuat oleh Muhammad Alshareef tersebut sangat handy untuk dicetak dan dibawa pada saat pergi melaksanakan umrah di tanah suci. Oleh karena itu, saya berharap, para pembaca pun dapat merasakan hal yang sama. Di post ini, saya ingin membagikan hasil transliterasi flyer tersebut ke dalam Bahasa Indonesia. Sehingga pembaca dapat mencetaknya sendiri di dua lembar kertas HVS, dan membawanya ke tanah suci, insyaallah.

#P.S. Perhatikan penomoran halamannya ya!

Panduan Umrah dalam Dua Lembar Kertas HVS (1)
Panduan Umrah dalam Dua Lembar Kertas HVS (1)
Panduan Umrah dalam Dua Lembar Kertas HVS (2)
Panduan Umrah dalam Dua Lembar Kertas HVS (2)

Untuk versi PDF dari panduan umrah dalam dua lembar kertas HVS dapat kawan lihat dan download sendiri disini.


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini