Menikmati Pesona Indahnya Pantai Gesing Gunungkidul Yogyakarta
Indonesia Yogyakarta

Menikmati Indahnya Pesona Pantai Gesing Gunungkidul

Pantai Gesing adalah sebuah pantai yang terletak di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Keindahan pantai ini belum terlalu terekspos, sehingga ketika saya dan rombongan dari YPIA Yogyakarta mengadakan rihlah ke tempat tersebut, tak banyak kami temukan wisatawan berlalu lalang di tempat ini. Jalanan menuju pantai ini dari kota Yogyakarta sampai ke lokasi sangatlah layak, sehingga, tak perlu ada risau ketika ingin datang mengunjunginya.

Lokasi Pantai Gesing

Pantai Gesing ini terletak di padukuhan Panjomolyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta.

Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta sampai ke lokasi dapat ditempuh selama sekitar kurang lebih 1,5 jam. Jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai lokasi ini adalah dengan melewati rute Imogiri – Panggang.

Keindahan Pantai Gesing

Setelah melewati perjalanan yang cukup lama dengan menyusuri jalanan berkelok. Begitu tiba di lokasi, kawan akan disuguhi pemandangan yang mashallah cantiknya.

Perahu-perahu berwarna biru akan terlihat memenuhi bibir pantai yang berpasir putih ini. Deburan ombak yang kadang besar dan kadang kecil, laut yang berwarna kehijauan dan juga batu-batu karang berukuran besar dan kecil tampak ikut andil dalam mempercantik pantai ini.

Perahu Biru dan Pasir Putih Pantai Gesing

Bunyi peluit sesekali terdengar yang menandakan agar truk penarik perahu untuk berhenti. Aktivitas nelayan tampak begitu hidup disini. Nampak di seberang sana, beberapa orang terlihat duduk dan berdiri, di atas bebatuan karang, memancing ikan.

Aktivitas Nelayan Pantai Gesing

Di pinggir-pinggir pantai, terdapat deretan warung-warung lesehan yang menjajakan makanan laut. Ikan segar bakar, sambal, dan udang goreng tepung. Itulah beberapa menu yang kami santap begitu kami menjejakkan kaki di Pantai kecil nan indah ini. Tak perlu ditanya lagi lah bagaimana sedapnya 🙂

Menu Makanan Laut di Pantai Gesing

Beberapa orang dari kami pun mulai menceburkan diri, berenang di laut setelah puas menyantap makanan yang tersaji. Tak terlihat oleh saya, tanda larangan untuk berenang di daerah ini. Saya teruskan berdiri dan berjalan menyusuri pantai sambil menekan tombol rana kamera fuji, karena saya tak bawa baju pengganti.

Menikmati Pantai Gesing

Pantai ini kecil, namun menawan. Sejatinya tak banyak aktivitas yang bisa saya lakukan di tempat ini. Hanya sekedar berjalan di bibirnya sahaja. Hanya saja, jika ingin, kawan bisa bermain di dalam air sepuasnya.

Menikmati Pantai Gesing dari Taman Pantai Buron

Setelah berpuas mengambil gambar, saya dan yang lainnya berjalan sedikit menanjak ke atas jalan raya untuk menikmati pantai Gesing dan melihat lautan lepas dari atas bebatuan karang yang sudah diberikan akses jalan bersemen. Taman Pantai Buron, begitulah tempat yang belum lama diresmikan dan terletak di atas Pantai Gesing ini dinamakan.

Jalanan bersemen di Pantai Buron

Nah, dengan adanya tempat baru disini, maka semakin terkagumlah saya akan ciptaan Allah SWT ketika menyaksikan pemandangan lautan lepas dari tempat ini.

Bagi yang hobi berfoto selfi, definitely, ini adalah tempat yang harus kamu kunjungi. Kontras bebatuan karang dengan hijaunya rerumputan dengan latar belakang laut membuat saya berkali-kali kembali menekan tombol rana dari kamera yang saya bawa.

Spot Selfie di Pantai Buron

Sejatinya, saya bukanlah seorang yang terlalu suka akan pantai. Jika ditanya lebih suka mana, jalan-jalan ke pantai atau menikmati pemandangan dari atas puncak gunung, saya lebih suka yang kedua. Hal ini karena, apa yang ada dibayangan saya tentang pantai adalah : akan ada banyak orang, ramai dan sesak. Namun pantai ini berbeda! Tidak begitu ramai wisatawan yang berkunjung ke tempat ini kala saya datang. Sepi, tenang, damai, selesa. Nah, apakah saya akan meredefinisikan kesukaaan saya, pantai atau gunung? Ah, nampaknya saya masih belum bisa move on dari indahnya pemandangan yang saya saksikan ketika mendaki gunung di Korea sana hehe (baca juga : 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Busan)

Indahnya Lautan dari Pantai Buron
MasyaAllah

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini