Masjid di Korea Selatan
Busan Korea Seoul

Menelusuri Masjid-Masjid di Korea Selatan

Salah satu hal yang menarik dari melakukan pengembaraan di luar negeri adalah melihat bagaimana agama Islam tumbuh dan berkembang di luar sana. Menurut saya, salah satu indikator dari berkembangnya Islam di luar negeri dapat dilihat dari mudah tidaknya kita menemukan Masjid. Bagi saya pribadi, ada suatu perasaan yang tidak bisa saya gambarkan ketika bisa menemukan tempat ibadah bagi kaum Muslim, yang jumlahnya tentu tidak bisa dibandingkan dengan jumlah masjid yang ada di Indonesia.

Tidak tertinggal pula, di negeri ginseng ini, saya melihat Islam juga tumbuh. Dimulai dari semakin mudahnya kita jumpai toko-toko yang menjual makanan halal, sampai didirikannya beberapa Masjid. Walaupun, kebanyakan dari Masjid yang ada belum mempunyai bangunan tersendiri, sederhana sahaja, hanya berbentuk ruko yang disulap menjadi tempat peribadatan bagi kaum Muslim.

Nah yuk mari kita bersama-sama menelusuri beberapa masjid yang ada di Korea Selatan ini.

1. Seoul Central Mosque (Masjid Sentral Seoul)

Seoul Central Mosque, adalah masjid yang terletak di Seoul, tepatnya di daerah Hannam-dong, Yongsan-gu. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Korea. Masjid ini mulai dibangun pada bulan Oktober 1974 di sepetak tanah seluas 5000 meter persegi yang didonasikan oleh pemerintah Korea. Dibangun dengan bantuan finansial dari negara-negara Islam, masjid ini secara resmi dibuka pada tanggal 21 Mei 1976, dan sekarang masjid ini berdiri dengan megah ditengah-tengah, antara Sungai Hangang dan Gunung Namsan.Menelusuri Masjid-Masjid di Korea Selatan : Seoul Central Mosque

Lantai pertama dari Masjid ini terdapat ruang-ruang rapat dan juga kantor dari Federasi Muslim Korea (Korea Muslim Federation). Sedangkan di lantai dua, terdapat tempat sholat bagi laki-laki, sedangkan tempat sholat untuk perempuan terdapat di lantai tiga.

Kali pertama saya datang ke tempat ini adalah di hari Jum’at pada tanggal 20 Februari 2015, yang bertepatan juga dengan Hari Seollal, yang merupakan hari libur nasional Korea Selatan. Pada waktu itu, jama’ah yang datang membeludak sampai ke pelataran Masjid. Khutbah yang dilaksanakan disini (kalau tidak salah ingat) dibacakan dalam tiga bahasa : Bahasa Arab, Bahasa Korea dan Bahasa Inggris.

Seoul Central Mosque

#Cara mencapai tempat ini : Dari stasiun Itaewon (Seoul Subway Jalur 6), keluarlah dari Exit nomor 3, lalu berjalan lurus sekitar 100 m, dan beloklah ke kanan. Sampai di pertigaan jalan, beloklah ke kiri, dan berjalanlah sejauh sekitar 200 m. Masjid berada di sebelah kiri.

#P.S. : Itaewon merupakan tempat yang sangat populer di kalangan pelancong Muslim, berbagai macam makanan halal dapat kamu temui disini.

2. Masjid Al-FalahYeongdeungpo, Seoul

Sempat saya singgung, kebanyakan masjid yang ada di Korea Selatan, hanya berupa sebuah ruko yang disewa dan disulap menjadi sebuah Masjid. Pun demikian dengan Masjid Al-Falah, yang juga terletak di Seoul, tepatnya di daerah Yeongdeungpo.

Masjid ini merupakan pusat dimana Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Korea mengadakan kegiatannya. Sebagaimana masjid-masjid lain, masjid ini akan ramai didatangi orang-orang di malam minggu, boleh kita menginap di tempat ini.

#Cara menuju tempat ini : Turun di stasiun Yeongdeungpo (Seoul subway, jalur 1), keluarlah dari pintu nomor 4 atau pintu nomor 2, dan berjalanlah sampai kamu temukan penanda masjid di sebelah kiri jalan.

#Facebook : Masjid Al-Falah dan IKMI Seoul Korea

#P.S. : Masjid ini sering mengadakan kajian yang disiarkan secara langsung via facebook.

3. Busan Al-Fatah Mosque (Masjid Al-Fatah Busan)

Masjid Al-Fatah Busan merupakan masjid kedua yang dibangung di Korea, setelah Masjid Sentral Seoul (baca juga : 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Seharian di Busan). Masjid ini dibangun pada tahun 1980 dengan bantuan finansial dari Ali Fellaq, mantan menteri keuangan Libya.

Masjid ini terletak di 30-1 Namsan-dong, Keumjeong-ku, Busan. Masjid ini merupakan masjid terbesar di bagian tenggara Korea Selatan dan merupakan rumah spiritual bagi umat Islam yang tinggal di daerah Busan, Daegu, Ulsan, Gyeongsangnam-do dan Gyeongsangbuk-do.

Masjid ini terdiri dari dua lantai, lantai dasar adalah lantai yang biasanya digunakan untuk duduk-duduk atau kegiatan-kegiatan lain, seperti kelas agama bagi para mualaf, kelas bahasa korea, dapur, tempat buka bersama, tempat wudhu, dll. Lantai dua adalah ruang utama untuk melaksanakan sholat, sedangkan untuk muslimah, tempat sholat berada di lantai dua mezanine.

Saya sering berkunjung ke Masjid ini, utamanya setelah mendaki gunung Geumjeongsan, pun sekedar untuk mencari daging halal. Pernah beberapa kali pula saya menginap disini pada malam Minggu, mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh persatuan umat muslim Indonesia di Busan.

#Cara mencapai tempat ini : Dari stasiun Dusil (Busan Subway Jalur 1), keluarlah melalui pintu nomor 8, dan berjalanlah sejauh kira-kira 300 m sampai ke gas station, kemudian beloklah ke kanan.

#Facebook : Pumita Busan

#P.S. Terdapat dua restoran halal disini, Casablanca Moroccan Restaurant dan Cappadocia Turkish House.

4. Masjid Umar Bin Khattab, Gwangju

Bergerak ke arah barat, tepatnya di daerah Gwangju, terdapat sebuah Masjid kecil. Masjid ini berbentuk sangat sederhana sekali, hanya berupa sebuah kubus yang tersusun dari dua lantai. Pada lantai dasar, diantaranya terdapat halal mart, tempat berwudhu dan juga dapur, sedangkan ruang utama untuk sholat terdapat di lantai dua.

Masjid yang didirikan di tahun 1981 ini terletak di Yeok-dong 48-9, Gyeonggi-do, Gwangju dan dikelola oleh Korea Muslim Federation.

#Cara mencapai tempat ini : Pada awalnya saya pun merasa kesulitan untuk menemukan Masjid ini, namun dengan panduan yang saya dapatkan di kompasiana, alhamdulillah saya bisa sampai ke Masjid ini, dan bahkan menginap disini.

#Facebook : Masjid Ubk Gwangju

5. Masjid Paju

Masjid besar lain yang dapat kita temui di Korea Selatan adalah Masjid Paju. Masjid ini berada di dekat sungai Injin, yang terletak di antara Seoul dan kota Kaesong Korea Utara.  Masjid ini beralamat di 421-9, Yeongtae-ri, Wonreung-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do.

 

6. Masjid Sirothol Mustaqim, Ansan

Masjid Sirothol Mustaqim, Ansan, terletak di 741-4, Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do. Masjid ini biasanya digunakan sebagai sarana peribadatan bagi umat muslim asal Bangladesh, Pakistan dan Indonesia yang bekerja di sekitar komplek industri Ansan. Masjid ini telah dibangun ulang dengan fasilitas yang sangat bagus. Kamu bisa berwudhu dan bahkan menumpang untuk menginap di lantai 1 dari Masjid ini. Selain itu, di masjid ini juga menyediakan halal food mart.

#Cara mencapai tempat ini : Masjid ini terletak sekitar 500 sampai 600 meter dari stasiun subway Ansan, cobalah bertanya kepada orang lokal “Ansan Muslim Sawon”.

#Facebook : Masjid Sirothol Mustaqim Ansan

Nah, itulah beberapa Masjid yang bisa kawan temui di Korea Selatan. Jangan lupa untuk berkunjung dan merasakan sensasi bersembahyang di negara minoritas. Semoga Islam dapat terus berkembang dan mendapatkan tempat di hati masyarakat Korea disana.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini