Petite France Korea
Korea Seoul

Mencari Tempat Sholat di Nami Island, Petite France dan Everland

“Surau”, kata ini dikenal dalam bahasa Indonesia, namun penggunaannya tidak terlalu jamak. Saya sendiri lebih sering mendengar dan mengucapkannya sebagai musholla atau tempat sholat. Namun, saya tahu, kata “surau” ini sangat umum digunakan di Malaysia, dan ada alasan mengapa saya menuliskan kata-kata berikut di artikel yang saya buat tadi malam tentang Hey Malaysian Muslim Travelers, How Much I Envy You!

And I believe, the prayer rooms which are so accessible in Korea, the plethora of Halal restaurants over there, all of them are available because of you guys!

Karena, kebanyakan penulisan tempat-tempat sholat yang bisa saya temukan di Korea menggunakan kata “surau”, dan saya menduga, hal ini karena banyaknya rakyat Malaysia yang datang ke sana, dan sangat membutuhkan fasilitas ini. Tidak mau kalah, saya pun akan menuliskan post tentang dimana kita bisa menemukan tempat sholat di Nami Island, Petite France dan Everland, yang merupakan tiga tempat favorit yang wajib dikunjungi di Korea.

Tempat Sholat di Nami Island

Nami Island, sebuah tempat berupa pulau buatan yang sangat terkenal sebagai tempat dimana drama Winter Sonata diambil gambarnya mempunyai fasilitas yang disediakan untuk memanjakan para Muslim travelers yang datang dan berkunjung ke tempat ini. Selain musholla, atau surau, di tempat ini kita juga bisa menemukan restoran halal yang dinamakan Asian Cuisine. Jadi, tidak perlu lah ada kata risau ketika kita datang berpiknik di tempat ini.

Penunjuk di Nami Island
Tulisan musola terlihat jelas disini

Nah dimana letak tempat sholat ini? Letak tempat sholat ini, alhamdulillah, sangat dekat, bahkan bersebelahan dengan restoran halal Asian Cuisine.

Tempat Sholat di Nami Island
Tempat Sholat di Nami Island

Terletak di lantai dua, tempat sholat ini dapat saya katakan cukup luas dan selesa. Dilengkapi dengan tempat wudhu, kita bisa dengan tenang dan khusuk melakukan sholat di tempat ini, dan tentu tidak perlu mencari tangga darurat atau tempat sepi lainnya untuk menggelar sajadah hehe..

Ruang sholat di Nami Island
Ruang Sholat yang Luas

Makanan Halal di Nami Island

Nah, bagi yang ingin mencari makanan halal di Nami Island, tidak perlu bingung-bingung. Disini, terdapat satu restoran yang telah punya sertifikasi halal yaitu Asian Cuisine.

Restoran Asian Cuisine Nami Island
Restoran Asian Cuisine, letaknya berdekatan dengan Musholla

Menu makanan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari makanan lokal Korea, makanan Jepang, bahkan nasi goreng ala Indonesia pun tersedia. Harganya? tenang saja, tidak terlalu mahal, standar harga restoran yang ada di Korea lah, seperti nasi goreng misalnya, cukup 10.000 Won saja.

Nasi Goreng di Nami Island
Nasi Goreng Ala Indonesia

#Lokasi Nami Island : 1, Namisum-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do

#Cara menuju ke tempat ini : Dengan menggunakan ITX atau subway, turunlah di stasiun Gapyeong. Dari sana, perjalanan ke Nami Island dapat dilakukan dengan menggunakan shuttle bus (Gapyeong city tour bus) yang mengelilingi beberapa objek wisata yang ada di sekitar tempat tersebut.

#Google Map:

Tempat Sholat di Petite France

Jika kita meneruskan perjalanan dengan menggunakan shuttle bus dari Nami Island, maka setelah beberapa menit perjalanan akan kita temui sebuah desa yang membawa imagi kita seakan-akan kita sedang berada di pantai Mediterania atau di daerah Pegunungan Alpen Piedmont. Tempat ini Petite France namanya, desa budaya Perancis yang terletak di daerah countryside Korea ini merupakan tempat yang sering didatangi para turis setelah mereka melawat ke Nami Island. Tempat ini memiliki 16 bangunan bergaya Perancis dimana para pengunjung dapat masuk dan menikmati makanan, pakaian dan kebudayaan Perancis di tempat ini.

Petite France Korea
Petite France Korea

Berbicara tentang surau, di tempat ini disediakan prayer room yang letaknya di loteng dari bangunan berwarna biru yang menjulang tinggi di gambar dibawah ini. Sangat mudah mengenalinya.

Surau di Petite France
Tempat Sholat di Petite France

Kenapa saya menyebutnya prayer room? karena ketika waktu itu saya datang ke gedung ini, disana disediakan deretan kursi-kursi memanjang, yang sepertinya ruangan tersebut bukan hanya digunakan oleh umat muslim saja. Wudhu pun saya lakukan di sebuah toilet yang ada di dalam bangunan biru tersebut. Kondisi ruangannya gelap, tidak memungkinkan untuk mengambil gambar. Duh, jadi teringat, ketika itu, turun hujan salju setelah saya selesai sholat.

#Lokasi 1063, Hoban-ro, Cheongpyeong-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do

#Cara menuju ke tempat ini : Dari Nami Island, tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan Gapyeong City Tour bus.

#Google Map:

Tempat Sholat di Everland

Everland, sebuah amusement park yang terletak di luar kota Seoul merupakan sebuah tempat yang wajib kamu kunjungi ketika kamu datang ke Ibu Kota Korea ini. Disini, kamu bisa menghabiskan waktumu seharian. Berbagai wahana permainan yang menyenangkan dan menegangkan bisa kamu nikmati disini. Dari kesemua wahana yang ada, salah satu wahana yang paling terkenal dan wajib kamu coba adalah T-express, yang merupakan roller coaster dengan jalur lintasan yang dibuat dengan kayu. Iya, kayu.. yang ketika roller coaster tersebut berjalan dan melaju dengan kencang, saya sempat khawatir kepala saya akan terbentur kayu-kayu tersebut..hehe

Everland Korea

Nah, berjalan-jalan di tempat ini, kita sebagai Muslim tidak perlu khawatir, karena di tempat ini terdapat surau / tempat sholat yang letaknya di sebelah wahana Mystery Mansion.

Lokasi Surau di Everland
Surau ada di dalam pintu berwarna hijau

Di dalam tempat ini, kita juga bisa duduk-duduk sebentar lalu mengambil air wudhu, karena fasilitas wudhu juga alhamdulillah telah disediakan. Sajadah pun juga sudah ada, jadi kita tidak perlu bingung lagi ketika waktu sholat telah tiba. Setelah selesai, kita bisa kembali bermain-main menikmati wahana lain di tempat ini…

Tempat Sholat di Everland
Alhamdulillah

#Lokasi 199, Everland-ro, Pogok-eup, Cheoin-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do

#Cara menuju ke tempat ini : Dengan menggunakan subway, turunlah di stasiun Giheung, lalu gunakan jalur Yongin Everline menuju ke Stasiun Jeondae Everland, yang merupakan pemberhentian terakhir. Dari stasiun ini, kita dapat pergi menuju ke lokasi dengan gratis menggunakan shuttle bus yang tersedia.

#Google Map:


Nah itulah tempat sholat yang dapat kita temui di tiga objek wisata yang terkenal dan ramai dikunjungi oleh para turis yang pergi melancong di Korea. Sebagai seorang muslim, kita patut bersyukur karena tempat esensial tersebut dapat kita temui disana. Hmm…adakah tempat-tempat lainnya di Korea yang mempunyai tempat sholat? Silakan share di bagian komentar di bawah ini ya!


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini