Lotek Colombo Bu Bagyo
Indonesia Yogyakarta

Lotek Colombo Bu Bagyo : Kuliner Jogja Legendaris yang Perlu Kamu Coba

Lotek Colombo Bu Bagyo. Pertama kali mendengar nama ini, pikiran saya tidak berfokus pada kata “lotek” atau “Bu Bagyo”-nya, tapi malah terbang mengangkasa ke Ibu Kota Sri Lanka! haha.

Sejatinya, Indonesia ini kaya lho dengan berbagai macam jenis makanan yang mungkin tidak terlalu kita sadari kalau itu adalah makanan vegetarian. Sayur-sayuran yang dibaluri dengan bumbu kacang misalnya, ada banyak sekali variannya. Ada gado-gado, pecel, karedok, lotek, apa lagi, ketoprak mungkin, banyak kan?

Nah, ada satu nama warung di Jogja yang menyediakan ragam varian menu vegetarian yang sudah sangat masyhur di telinga para warganya. Namanya : Lotek Colombo Bu Bagyo yang sudah berdiri sejak sebelum saya lahir, yaitu 1986!

Alamat dan Lokasi Lotek Colombo Bu Bagyo

Ada banyak banget sebetulnya cabang dari warung lotek ini. Namun, sepengetahuan saya yang punya pengetahuan tentang dunia perkulineran di Jogja yang sangat terbatas (hehe), salah satu tempat yang terkenal terletak di daerah Sagan. Atau lebih lengkapnya di:

Jl. Sagan Baru No. 1, Terban, Yogyakarta, Kota Yogyakarta

#Gmaps

Untuk mencapai tempat ini bisa dengan cara masuk lewat utara Galeria Mall yang ada toko Kado Kita, kemudian belok ke kanan di pertigaan pertama. Ini gambar warungnya:

Lokasi Lotek Bu Bagyo - Sagan
Lokasi Lotek Bu Bagyo – Sagan

Dulu, pertama kali coba makan disini pas jam makan siang. Walhasil, warung ini penuhnya pakai banget, untuk cari tempat duduk saja susah..hehe. Nah kemarin hari Sabtu coba ke tempat ini lagi buat makan sore (makan sore, bukan makan malam), alhamdulillah nggak banyak orang yang datang kesini.

Warung Lotek Bu Bagyo Bagian Dalam

Menu dan Harga Makanan di Lotek Colombo Bu Bagyo

Selain lotek yang jadi menu andalannya, warung ini juga menyediakan menu lain seperti gado-gado, ketoprak, dan juga masakan-masakan China seperti fuyung hai, kwetiau, dll. Bagaimana harganya? 10 ribu sampai 20 ribuan, tergantung kamu pesannya apa. Tapi untuk kamu yang baru pertama coba makan disini, saya sarankan untuk memesan Loteknya yang harganya 12 ribu, dan untuk minumnya Es Palu Butung (saya kemarin masih flu, jadi gak pesen Es ini)

Ingin tau menu lengkapnya seperti apa? Saya bagikan disini:

Menu Lotek Colombo Bu Bagyo 1 Menu Lotek Colombo Bu Bagyo 2
Menu Lotek Colombo Bu Bagyo 3 Menu Lotek Colombo Bu Bagyo 4

Nah, apa sih yang spesial dari harga 12 ribu itu, kok kayak-kayaknya agak mahal ya buat ukuran jogja…haha, awalnya saya juga ngerasa gitu, tapi setelah lihat porsinya, udah deh, diam, nggak banyak komentar. Apalagi pas ngerasain rasanya, hmm… taburan bakwan di loteknya semakin menambah gurih makanan yang saya pesan.

Lotek Bu Bagyo

Besar kan porsinya, alhamdulillah kenyang…

Cara Memesan Makanan di Lotek Colombo Bu Bagyo

Ada satu lagi yang mau saya bagikan disini, yaitu perihal cara pesan makananan disini. Kalau biasanya di warung-warung sejenis lainnya, kita bayar belakangan, disini kita bayar di depan. Nah ini dia prosedur lengkapnya:

  1. Setelah datang dan parkir kendaraan, segeralah menuju ke meja kasir sambil mengambil dua buah kertas dan pulpen, lalu lihat daftar menu makanannya.
  2. Tuliskan menu makanan yang akan kita pesan di kertas yang pertama, dan menu minuman yang akan kita pesan di kertas yang kedua, lalu serahkan ke mbak-mbak penjaganya.
  3. Lalu sebutkan nama kita siapa kalau ditanya sama mbak-mbaknya, dan bayar makanan dan minuman sesuai dengan yang kita pesan.
  4. Pilih tempat duduk.
  5. Kalau pesanan sudah jadi, maka mbak/mas yang mengantarkan akan “teriak-teriak” manggil nama kita..haha. Jawab panggilan itu, lalu santaplah makanan didepanmu.
  6. Selesai makan, bisa langsung cabut..

Nah, itu yang bisa saya bagi kali ini. Untuk kuliner lain di Jogja, saya juga merekomendasikan untuk mencoba kuliner geprekan, salah satunya di Preksu alias Geprek Susu yang harganya murah dan porsinya luar biasa. Selamat mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar di bawah sini ya!


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini