5 Hal yang Harus Kamu Bawa di Masjidil Haram
Haji dan Umrah Tips Berhaji

5 Hal yang Harus Kamu Bawa di Masjidil Haram

5 Hal yang Harus Kamu Bawa di Masjidil Haram

Sebenarnya ada banyak hal atau benda yang ukurannya tidak seberapa, namun besar manfaatnya yang sebaiknya kita bawa ketika berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji atau umrah (Baca juga : Bagaimana Memilih KBIH yang tepat). Nah, setidaknya ada 5 hal yang harus kamu bawa di Masjidil Haram, ketika kamu ingin melaksanakan sholat atau tawaf disana.

1. Drawstring Bag / Tas Serut

Drawstring bag / tas serut adalah hal terpenting yang harus kamu bawa ketika kamu datang untuk beribadah di Masjidil Haram.

Hal yang harus kamu bawa di Masjidil Haram : Drawstring Bag
Drawstring bag | Credit : iconnutrition

Tas serut ini berguna untuk menyimpan sandal/sepatu yang kamu pakai. Di Masjidil haram sendiri sebenarnya ada tempat khusus untuk meletakkan sandal/sepatu, namun untuk kembali ke pintu dimana kita masuk dan meletakkan sandal kadang terlalu jauh. Belum lagi jika kita lupa, di rak nomor berapa meletakkan sandal, wah, bisa makin susah. Nah, hal terpraktis yang bisa dilakukan adalah dengan membawa tas serut ini. Selain bisa dipakai untuk meletakkan sandal, tas serut juga berguna untuk memasukkan barang-barang penting lainnya.

#TIPS :
> Kantong plastik transparan sebagai tempat memasukkan sandal, tersedia di beberapa titik di Masjidil Haram. Kamu bisa mengambil plastik tersebut, sebelum dimasukkan ke tas serut.
> Banyak jama’ah yang memperoleh tas serut ini ketika berada di embarkasi, sebelum berangkat ke tanah suci. Biasanya, bank-bank yang membuka stand di sana akan membagi-bagikan tas serut ini secara gratis.

Botol Minum

Coba bayangkan, di hari jum’at, kita sudah bersusah payah datang di pagi hari, agar dapat tempat di dalam Masjid. Namun, tiba-tiba muncul rasa haus yang tidak tertahankan. Ingin meninggalkan tempat, tapi takut tempat yang sudah kita tag diambil orang lain. Nah, bagaimana solusinya? Bawa botol minum sendiri lah jawabannya.

Di tanah suci, rasa haus sangat cepat dirasakan. Apalagi saat melakukan aktivitas fisik, seperti tawaf di Masjidil Haram. Membawa botol minum sendiri perlu dilakukan, agar kita tidak perlu bolak-balik ke tempat pengisian air untuk menghilangkan rasa haus. Sekalipun tempat pengisian air tersedia dimana-mana, namun, pada waktu-waktu ramai, kita harus bersabar mengantri untuk mengambil air minum tersebut.

Sajadah

Hal lain yang harus kamu bawa ketika datang ke Masjidil Haram adalah sajadah. Sajadah berguna sebagai tempat sujud, baik di dalam masjid, maupun ketika kita datang terlambat dan harus menempati tempat di luar area masjid, bahkan sampai di jalan raya. Selain itu, sajadah juga berguna untuk men-tag tempat di depan kamu, karena ada saja orang-orang yang tiba-tiba nangkring di depan kita ketika sedang duduk menunggu waktu sholat. Selain itu, sajadah juga bisa digunakan untuk menghalau sengatan matahari ketika terik.

Water Spray Bottle

Cuaca panas di luar kadang tidak tertahankan. Untuk memberikan rasa segar, kita bisa gunakan menyemprotkan air di wajah atau kepala kita dengan water spray bottle ini. Selain juga bisa untuk meminimalisasi terkena heat strokewater spray bottle juga bisa digunakan untuk berwudhu dalam kondisi darurat.

Hal yang harus kamu bawa di Masjidil Haram : Water Spray Bottle
Water Spray Bottle | Credit : thefacepaintingshop

Tisu Basah

Hal kecil lain yang perlu kamu bawa adalah tisu basah. Tangan kotor setelah makan kurma atau shawarma, bisa kita lap dengan tisu basah ini. Lantai agak kotor, bisa kita pakai barang ini. Muka kotor, bisa kita bersihkan dengan tisu ini.

Nah, menurut teman-teman, adakah hal lain yang harus kita bawa di Masjidil Haram?

 

5 Hal yang Harus Kamu Bawa di Masjidil Haram - Summary

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini