Tempat Menarik di Busan
Busan Korea

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Seharian di Busan

Setelah berkesempatan untuk bisa bolak-balik ke Busan, saya akhirnya tahu. Setidaknya ada 5 hal yang bisa kamu lakukan seharian di Busan. Apa saja?

1. Kunjungi Kuil Beomeosa

Dari semua hal yang bisa kamu lakukan seharian di Busan, yang pertama kali bisa kamu kunjungi di pagi hari adalah kuil Beomeosa. Kuil Beomeosa ini merupakan salah satu kuil yang paling terkenal di Busan yang terletak di lereng Gunung Geumjeongsan, sebuah gunung yang juga sangat terkenal di Busan.

Sekitar 1300 tahun yang lalu, kuil ini dibangun oleh Biksu Ui Sang pada tahun ke delapan belas berkuasanya Raja Munmu dari Kerajaan Silla.

Meskipun letak dari kuil ini dekat dengan perkotaan, namun, arsitekturnya yang menakjubkan dan juga didukung dengan setting pegunungan di sekelilingnya, dapat membuat kita merasa tidak sedang berada di hutan kota biasa. Kuil ini termasuk tempat yang ramai, karena kuil ini merupakan titik awal pendakian gunung Geumjeongsan.

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Seharian di Busan I Kuil Beomeosa

Pemandangan Kuil Beomeosa akan lebih menakjubkan lagi di musim gugur, ketika daun-daun mulai berubah menjadi kuning, orange, dan merah. Cantik sekali!

Beomeosa saat Musim Gugur
Kredit : @shine_bit

#Cara menuju ke tempat ini : Ambil subway line 1, line orange, turun di stasiun Beomeosa dan ambil pintu keluar nomor 5 atau 7. Kemudian, kamu akan melihat persimpangan jalan. Telurusi jalan tersebut dan berjalanlah sekitar 5 menit sampai ke terminal Beomeosa. Ambil bus nomor 90, dan turunlah di Beomeosa Ticket Office.

2. Mendaki Gunung Geumjeongsan

Setelah puas berkeliling komplek Beomeosa, jika kamu merasa fit, maka saran saya, lanjutkanlah mendaki gunung Geumjeongsan. Tak perlu kostum khusus untuk mendaki gunung ini, pada waktu itu, saya hanya memakai sepatu sport, jeans, dan bahkan jaket tebal ketika saya mendaki di akhir musim dingin. Sekalipun, tentu orang-orang lokal memakai kostum lengkap untuk mendaki gunung ini.

Secara historis, gunung Geumjeongsan dianggap sebagai gunung yang cocok digunakan sebagai pertahanan kerajaan. Karena alasan ini, Beomeosa, kuil terkemuka yang dipercaya untuk mempertahankan dan melindungi kerajaan, dibangun bersama dengan didirikannya Benteng Geumjeongsan. Jika kamu mulai mendaki, di pertengahan jalan sebelum mencapai ke puncak, maka kamu akan temukan benteng Geumjeongsan tersebut.

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Seharian di Busan I Benteng Geumjeongsan

 

Untuk sampai ke puncak, diperlukan waktu kira-kira sekitar 2 jam. Tidak terlalu jauh untuk ukuran gunung yang merupakan gunung tertinggi di area Busan dan sekitarnya. Seletah sampai di puncak, kamu akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Kali pertama saya kesana, saya tak henti-hentinya berdecak kagum.

Puncak Geumjeongsan

3. Kunjungi Masjid Al-Fatah

Setelah selesai mendaki gunung (yang mungkin jika di total adalah sekitar 5 jam, 3.5 jam naik turun, 1.5 jam untuk istirahat dan foto-foto hehe), naiklah subway dari halte Beomeosa dan turunlah di stasiun Dusil, lalu ambil pintu keluar nomor 8.

Setelah berjalan selama sekitar 5 menit, kamu akan temukan sebuah Masjid, yang merupakan masjid ke dua yang dibangun di Korea : Masjid Al-Fatah. Masjid ini terdiri dari dua lantai, lantai dasar adalah lantai yang biasanya digunakan untuk duduk-duduk atau kegiatan-kegiatan lain, seperti kelas agama bagi para mualaf, kelas bahasa korea, dapur, tempat buka bersama, tempat wudhu, dll. Lantai dua adalah ruang utama untuk melaksanakan sholat, sedangkan untuk muslimah, tempat sholat berada di lantai dua mezanine.

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Seharian di Busan I Masjid Al-Fatah

Selain hari jum’at, di hari-hari biasa, masjid ini juga akan ramai di hari Ahad. Banyak orang-orang Indonesia yang menginap pada malam minggu di masjid ini.

#P.S. terdapat koperasi Al-Fatah yang menyediakan berbagai macam barang, dan terdapat toko halal yang menyediakan berbagai macam barang-barang halal.

4. Santap Siang di Casablanca Moroccan Restaurant

Lapar, kan? setelah mendaki gunung, turun gunung, dan sholat, rasa-rasanya ingin sekali segera menyantap makanan. Nah, di dekat Masjid Al-Fatah ini, terdapat dua restoran halal, yang pertama adalah restoran Casablanca yang menyediakan makanan Maroko, dan yang kedua adalah Cappadocia, yang menyediakan makanan Turki.

Kalau saya, biasanya saya akan makan di restoran Casablanca. Eits, sekalipun sangat lapar, tapi jangan kalap, porsi yang disediakan disini gedhe banget. 1 porsi ayam goreng disini (plus nasi) rasanya sudah membuat perut sangat penuh!

Bagaimana harganya? menurut saya di restoran ini, harganya masih affordable, apalagi disajikan dengan porsi raksasa hehe. Kamu juga bisa membungkus samosa sebagai bekal cemilan makan malam.

Casablanca Restaurant
Samosanya aja segedhe itu haha, maaf, waktu itu saya juga kalap.

5. Shopping sepuasnya di Nampo-dong (BIFF Square)

Setelah makan besar sepuasnya, segeralah naik kembali ke subway, kemudian di jalur yang sama (jalur orange), turunlah di stasiun Nampo-dong ambil pintu keluar nomor 1 atau 3, atau bisa juga turun di stasiun Jagalchi kemudian ambil pintu keluar nomor 7. Seharusnya, kamu sampai disini sudah mendekati malam.

Saya dan teman-teman biasa memanggil tempat ini “Nampo” saja. Namun nama resmi dari tempat ini adalah BIFF Square. Di tempat ini, kamu akan jumpai ratusan toko-toko yang menjual banyak barang, mulai dari kosmetik, pakaian, restoran-restoran besar, maupun kaki lima yang menyediakan banyak sekali pilihan street food, jam tangan, aksesoris, dan hal-hal unik lainnya. Shop until you drop! mereka bilang.

#P.S. saya biasanya mencoba mencari pakaian diskon-an di toko-toko seperti di Giordano, sepatu di ABC mart, dll.

BIFF Square

#Halal Tips : Untuk kamu yang masih kelaparan, di sekitar sini juga terdapat kedai yang menjual Kebab Turki yang insyaallah halal. Selain itu, es krim khas Turki pun juga ada. Selain itu, jika kamu menjelajah lebih jauh, kamu mungkin bisa temukan juga food stall yang menjual Mie goreng, yang dijual oleh dua perempuan Indonesia.

Kredit: Travel3sixty

Nah, 5 hal yang bisa kamu lakukan seharian di Busan. Capek? saya pun juga. Setelah puas berbelanja, ada baiknya kembali ke hotel dan bersegeralah untuk sholat maghrib dan isya, dan juga selonjoran hehe. Semoga bermanfa’at!

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini