Cek Keberangkatan Ibadah Haji
Haji dan Umrah

Cara Cek Keberangkatan Haji dengan Nomor Porsi

Cara Cek Keberangkatan Haji dengan Nomor Porsi

Setiap orang yang sudah mendaftarkan diri untuk berhaji, tentu ingin tahu kapan perkiraan akan diberangkatkan. Setidaknya ada dua cara cek keberangkatan haji yang bisa anda lakukan dengan mudah. Yang pertama adalah dengan menggunakan fasilitas website yang telah disediakan oleh kementrian agama, dan yang kedua melalui aplikasi android Haji Pintar yang dapat diunduh di google play.

Namun, tentunya, untuk mengetahui perkiraan kapan anda berangkat, anda perlu tahu nomor porsi anda terlebih dahulu. Nomor porsi ini bisa anda miliki setelah melakukan pendaftaran haji dan membayar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Awal sebesar 25 juta rupiah. (Baca juga : Alur Pendaftaran Ibadah Haji 2016 – 2017). Nomor porsi ini, dapat anda lihat pada bukti setoran awal BPIH seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

 

Cara Cek Keberangkatan Haji - Nomor Porsi
Nomor Porsi

1. Cara Cek Keberangkatan Haji Melalui Website Kemenag

Setelah anda tahu nomor porsi anda, silakan cek perkiraan keberangkatan haji anda di web berikut: http://haji.kemenag.go.id/v3/node/955358

Jika web tidak bisa diakses, maka kemungkinan sedang dilakukan pemeliharaan pada website tersebut atau pembaharuan database. Sebaiknya anda coba untuk cek kembali website tersebut di lain waktu.

2. Cara Cek Keberangkatan Haji Melalui Aplikasi Haji Pintar

Setelah anda mengunduh aplikasi Haji Pintar, maka dengan cukup mudah, anda juga bisa cek keberangkatan haji anda melalui aplikasi tersebut. Anda bisa juga membantu saudara anda untuk mengecek keberangkatan ibadah haji mereka dengan cukup mudah.

Langkah pertama, silakan pilih menu “Cek Keberangkatan (Porsi) yang ada di halaman awal aplikasi, seperti berikut:

 

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Silakan masukan nomor porsi keberangkatan haji anda di bagian yang sudah disediakan.

Cara Cek Keberangkatan Haji Melalui Aplikasi - 2

Cukup mudah bukan?

Sebagai catatan, informasi yang tercantum hanyalah merupakan perkiraan keberangkatan saja. Untuk kondisi-kondisi khusus, seperti jama’ah lanjut usia, pendamping jama’ah lanjut usia dan penggabungan mahram, terdapat kebijakan tersendiri dari pemerintah kita, sehingga ada kemungkinan untuk berangkat lebih cepat. Untuk saya sendiri, ketika di awal-awal saya coba cek keberangkatan haji saya, saya diperkirakan berangkat di tahun 2017. Namun, alhamdulillah pada kenyataannya, saya bisa berangkat di tahun 2016.

Semoga informasi tentang cara cek keberangkatan haji ini bermanfaat!

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini