Keliling Eropa dengan Kereta Api menggunakan Eurail Pass
Eropa Eurotrip dengan Kereta Api

Biaya Perjalanan ke Eropa Timur, Seberapa Besar?

Menyambung artikel saya sebelumnya “Cara Menggunakan Eurail Pass untuk Berkeliling Eropa“, mungkin ada yang bertanya-tanya. Seberapa besar ya biaya yang harus dikeluarkan bila ingin melakukan perjalanan menjelajah ke Eropa, khususnya Eropa Timur? Disini saya akan bagi besarnya biaya yang saya dan kakak saya keluarkan ketika kami melakukan perjalanan berkeliling Eropa selama 12 hari, start dari Jakarta kemudian transit di Kuala Lumpur, melanjutkan penerbangan ke Doha dan kemudian terbang kembali menuju ke Paris, lalu menjelajah Benua Eropa, mengunjungi berbagai kota. Harapannya, melalui tulisan ini, kawan bisa mendapatkan gambaran mengenai sejumlah rupiah yang perlu ditabung untuk mewujudkan impian kawan semuanya mengembara di Benua Eropa sana.

Itinerary Perjalanan ke Eropa Timur

Kala itu kami berangkat dari Jakarta pada pagi hari, lalu transit di Kuala Lumpur, kemudian berganti pesawat menuju ke Doha dan terbang hingga sampai di Paris, Perancis, dan kami tiba di Paris pada waktu pagi di hari berikutnya. Nah, perjalanan yang kami lakukan perharinya yaitu:

Hari Pertama Hari Keenam
Jakarta-KL-Doha-Paris Salzburg – Budapest
Hari Kedua Hari Ketujuh
Paris Budapest – Wien – Bratislava – Wien
Hari Ketiga Hari Kedelapan
Paris – Salzburg Wien – Prague
Hari Keempat Hari Kesembilan
Salzburg – Innsbruck – Salzburg Prague
Hari Kelima Hari Kesepuluh – Keduabelas
Salzburg – Hallstatt – Salzburg Prague – Paris (stay di Paris)

Inssbruck dengan Pengunungan Alpen di Belakangnya | Biaya Perjalanan ke Eropa Timur

Komponen Penyusun Biaya Perjalanan ke Eropa Timur

Menurut perhitungan saya, transportasi yang meliputi tiket pesawat dan global pass yang kami gunakan dan kemudian akomodasi, adalah dua komponen terbesar penyusun anggaran perjalanan kami. Jadi kelihaian dalam berburu tiket murah dan juga akomodasi yang sesuai merupakan kunci yang paling berpengaruh dalam menentukan seberapa besar biaya yang akan kita keluarkan untuk melakukan sebuah perjalanan. Tidak hanya ke Eropa saja, tapi juga ke destinasi lainnya.

Selain itu, penghematan sebetulnya juga dapat dilakukan dari sisi lain, seperti misalnya dengan membawa bahan makanan ataupun alat masak yang kita perlukan dari Indonesia. Karena tentu saja, komponen ini juga berpengaruh terhadap biaya yang akan kita keluarkan semasa kita pergi melancong ke negeri orang, khususnya apabila standar hidup negara yang akan kita kunjungi lebih tinggi daripada standar hidup di Indonesia.

Berburu Bahan Makanan Halal di Praha
Berburu Bahan Makanan Halal di Praha

Untuk pembuatan Visa, terdapat banyak penyedia jasa pembuatan visa yang dikelola oleh perusahaan tour and travel, yang biayanya pun relatif tidak jauh berbeda. Untuk Visa Perancis sendiri, biayanya biasanya berkisar sekitar 1,7 juta rupiah per orang. Kemudian, komponen lain yang perlu diperhatikan adalah asuransi yang mana hal ini kita butuhkan sebagai syarat untuk mengajukan permohonan visa.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rincian biaya yang kami keluarkan untuk melakukan perjalanan ke Eropa selama 12 hari.

No Komponen Biaya Jumlah Keterangan
EUR IDR
1 Tiket KUL-CDG-KUL 13.638.669
2 Tiket CGK-KUL-CGK 1.988.280
3 Visa 3.400.000
4 Asuransi 1.074.000
5 Global Pass 764 11.154.400 Konversi EUR to IDR
6 Biaya Reservasi Tiket 80 1.168.000 Konversi EUR to IDR
7 Hotel di Paris (1 Malam) 832.005
8 Hotel di Salzburg (3 Malam) 180 2.628.000 Konversi EUR to IDR
9 Hotel di Budapest (1 Malam) 42.48 605.622 Konversi EUR to IDR
10 Hotel di Vienna (1 Malam) 47.5 712.761 Konversi EUR to IDR
11 Hotel di Praha (2 Malam) 77.94 1.166.756 Konversi EUR to IDR
12 Hotel di Paris (3 Malam) 150 2.190.000 Konversi EUR to IDR
13 Tiket PRG-CDG 1.386.175
14 Uang Saku   4.779.773
Grand Total 46.724.441

Jadi, jika di total, pengeluaran tiap orang untuk melakukan perjalanan ini adalah sebesar sekitar 23 juta-an. Bagi saya, sejumlah uang yang saya perlu korbankan untuk melakukan perjalanan ini cukup worth it. Melalui perjalanan ini ada banyak hal yang terjadi yang saya alami, banyak pengalaman yang bisa saya ceritakan, dan banyak hal yang bisa saya kagumi dari ciptaan Allah SWT di belahan bumi lainnya. Bagaimana? Eager to make your own journey? Yuk, nabung mulai dari sekarang!

Comments

comments

One thought on “Biaya Perjalanan ke Eropa Timur, Seberapa Besar?

Tinggalkan Balasan Anda Disini