Berwisata Pantai di Busan
Busan Korea

Berwisata Pantai Seharian di Sekitar Busan

Selain dikelilingi pegunungan (baca juga : 5 hal yang bisa kamu lakukan seharian di Busan). Tak dipungkiri lagi, letaknya yang dekat dengan laut, Busan menawarkan wisata pantai yang menakjubkan. Keindahan pasir putihnya bagaikan magnet yang mampu menarik para turis untuk datang berwisata pantai di sekitar Busan ini. Ingin tahu apa saja tempat wisata yang bisa kamu kunjungi? Simak penjelasannya berikut:

1. Pantai Haeundae

Selain merupakan pantai yang terkenal di Busan, pantai ini, mungkin, juga merupakan pantai yang paling terkenal di seantero negeri gingseng ini. Pantai ini mempunyai panjang sekitar 1,5 km, lebar 30-50m, dan mencakup area seluas 58.400 meter persegi. Pasirnya putih, namun mudah lengket di kulit. Di bibir pantai, terdapat jejeran payung-payung peneduh yang dapat kamu sewa untuk menambah pengalaman berpantaimu disini.

Berwisata Pantai Seharian di Sekitar Busan | Haeundae Beach

Di tanggal-tanggal tertentu di musim panas, terdapat festival pasir yang diadakan di tempat ini. Banyak sekali event yang diadakan ketika festival ini dimulai, yang semuanya terinspirasi dari cantiknya pasir putih yang dimiliki pantai ini. Salah satu highlight dari festival ini adalah mandi pasir, dimana para pengunjung akan dikubur didalam pasir dari kepala sampai kaki. Selain itu, terdapat juga kompetisi bola voli, lari maraton, dan juga pameran berbagai macam bentuk istana pasir (atau apalah itu namanya hehe). Cek tanggal mainnya di sandfestival.kr

Festival Pasir di Pantai Haeundae
Kredit : @shannon_byoun

#Cara mencapai ke tempat ini : Naik subway line 2, line hijau, turun di stasiun Haeundae, ambil pintu keluar nomor 3 atau 5, dan berjalan kakilah sampai ke pantai selama sekitar 5 – 10 menit.

#Halal Tips : Terdapat beberapa restoran halal di dekat sini, seperti Hello India Al-Waha (terletak di lantai 2 bangunan Bank Nonghyup, berlawanan dengan Sharky’s) dan Punjab Indian Restaurant

Berwisata Pantai Seharian di Sekitar Busan | Tasty Indian Food
Tasty!

#P.S. Jika kamu ingin berjalan lebih lama di sekitar sini, saya sarankan kamu untuk datang ke Dongbaeksom Island di sebelah barat pantai Haeundae. Dongbaekseom, dinamakan demikian, karena banyak pohon dongbaek tumbuh subur disini. Dahulunya, pulau ini memang benar-benar asli sebuah pulau. Namun sekarang sudah disatukan dengan pulau utama.

2. Haedong Yonggungsa Temple

Haedong Yonggungsa ini sebenarnya bukan pantai, tapi kuil yang menurut saya unik. Kenapa? karena kuil ini terletak di pesisir laut, which is ya unik aja, karena saya jarang menemukan ada kuil yang letaknya di sepanjang garis pantai. Kuil-kuil yang ada di Korea ini kebanyakan letaknya di pegunungan, seperti kuil Beomeosa. Pokoknya, kuil ini wajib kamu kunjungi kalau kamu berkesempatan untuk pergi ke Busan.

Pada waktu saya kesana, kuil ini ramai sekali dikunjungi orang. Sebelum masuk ke kawasan kuil, kamu akan disuguhi pemandangan orang-orang yang berjualan, mulai dari street food sampai souvenir-souvenir khas sini.

Entrance Haedong Yonggungsa
Kredit : boundforbusan

Setelah masuk dan melewati tangga turunan, maka kamu akan sampai ke tempat tujuan. Nikmatilah keindahan kuil ini sambil berjalan-jalan di bebatuan di pinggir laut, dan juga bangunan utama dari kuil itu sendiri.

Haedong Yonggungsa

#Cara menuju ke tempat ini : Dari Stasiun Haeundae pintu keluar nomor 7, ambil Bus nomor 181, dan turunlah di Halte Yonggungsa Temple. Perjalanan dari stasiun ini sampai ke halte tujuan ditempuh sekitar 30 menit, dan dari halte sampai ke kuil sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Selain bus nomor 181, bus nomor 100 juga bisa kamu gunakan.

3. Pantai Gwangalli

Selanjutnya, salah satu pantai lain yang terkenal di Busan adalah pantai Gwangalli. Pantai ini mempunya panjang sekitar 1,4 km dengan lebar 64 m.

Hal yang saya suka dari tempat ini adalah, saya bisa melihat jembatan Gwangandaegyo dari tempat ini. Jembatan Gwangandaegyo merupakan jembatan yang melintasi laut yang paling besar di seantero Korea. Jembatan ini mempunyai panjang sekitar 7,4 km.

#P.S. Jembatan ini dihiasi dengan ribuan lampu-lampu LED, dimana kamu bisa menikmati LED show yang spektakular selama lima menit pada pukul 8 dan 10 malam dari hari minggu sampai kamis, dan pada pukul 8, 9 dan 10 malam pada hari jum’at sampai sabtu.

Selain itu, kalau kamu beruntung, mungkin bisa kamu dapati adanya festival disini. Pada waktu itu, saya pernah menyaksikan festival Eobang di tempat ini. (banyak bener festival di Korea ini)

Berwisata Pantai Seharian di Sekitar Busan | Gwangalli Beach

Eits, masih ada lagi, Busan Firework Festival, yang mashur itu juga di adakan disini lho. Jangan sampai terlewat, dan usahakan datang ke tempat ini di sore hari, karena tempat ini akan penuh dengan lautan manusia. Pokoknya tempat ini ga boleh kamu hilangkan dari itinerary mu jika kamu berkunjung ke Busan.

Busan Firework Festival
Kredit : @fariesjsampurno

#Cara menuju ke tempat ini : Jika kamu masih berada di Haedong Yonggungsa, maka kamu harus kembali ke stasiun Haeundae dengan naik bus nomor 100 atau bus nomor 181. Sampai di stasiun Haeundae, naiklah subway dan turun di stasiun Gwangan, lalu ambil pintu keluar nomor 3 atau 5, dan berjalan kakilah sampai ke tujuan.

#Halal Tips : Jika kamu lapar, di sini juga terdapat satu restoran India bernama Bombay Brau. Chicken tikka masala, chicken tandoori, briyani super lezat, hmm.. apa lagi? rasanya, saya jadi hobi makan makanan India di Korea sana 🙂 and believe me saya belum menemukan nasi briyani seenak yang saya makan di Korea!

Nah, berwisata pantai di sekitar Busan, menarik bukan? Semoga anda senang dengan mengambil keputusan untuk berwisata pantai seharian di sekitar Busan ini! dan semoga artikel ini bisa bermanfa’at.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini