Qu'ran di Masjidil Haram
Arab Saudi Haji dan Umrah Makkah Tips Berhaji

Al-Qur’an Gratis di Masjidil Haram | Dimana Mendapatkannya?

Mungkin ada yang bertanya-tanya, dimanakah Al-Qur’an gratis yang di bagikan di Masjidil Haram bisa kita dapatkan? Nah di artikel ini, akan saya tunjukkan dimana Al-Qur’an ini dibagi-bagikan pada musim haji tahun 2016 silam. Namun sebelumnya, ada baiknya install terlebih dahulu aplikasi Al-Maqsad (baca : 3 Aplikasi Haji Yang Harus Kamu Install Di Tanah Suci)

Al-Qur'an di Masjidil Haram
Kredit : Haramain

Setelah menginstall aplikasi Al-Maqsad, maka carilah “Lost and Found Office” pada menu pencarian. Maka kita bisa dapatkan dimana letak kantor lost and found ini berada.

Lokasi Lost and Found Office di Masjidil Haram
Lokasi Lost and Found Office di Masjidil Haram

Untuk mencapai ke kantor lost and found, kita dapat terlebih dahulu masuk ke dalam area Masjidil Haram, lalu berjalan kaki menuju ke tempat sa’i, kemudian cari pintu keluar di dekat bukit Marwah. Nah, kantor lost and found ini berada di atas toilet pria yang terletak beberapa langkah setelah kita keluar dari pintu Marwah tersebut.

Sepengetahuan saya, jam mulai dibagikannya Al-Qur’an ini adalah sekitar pukul 08.00 . Namun, sekitar pukul 07.00, atau bahkan mungkin kurang dari itu, orang-orang sudah mulai berjejer di pelataran kantor tempat dimana Al-Qur’an gratis ini dibagikan, dan ada kemungkinan Al-Qur’an tersebut bisa mulai dibagikan sebelum pukul 08.00. Saya mengambil gambar di bawah ini kalau tidak salah sekitar pukul 07.40-an, dan antriannya sudah terlihat mengular.

Tempat Al-Qur'an Gratis dibagikan
Tempat Al-Qur’an gratis dibagikan di Masjidil Haram

Jika kawan membawa istri atau saudara perempuan, coba ajaklah untuk datang ke tempat ini jika ingin mendapatkan Al-Qur’an gratis ini, karena sepengamatan saya, antrian untuk perempuan jaaaaauuuuuh lebih pendek dibandingkan dengan antrian untuk laki-laki.

Sekali mengantri, kadang saya bisa dapatkan 1 buah Al-Qur’an, bahkan bisa sampai 2 Al-Qur’an, dan bisa saya lakukan setiap harinya untuk mendapatkannya. Namun, tentu tak bisa dipungkiri lagi, ada beberapa orang yang terlihat mengantri dan sudah mendapatkan Al-Qur’an tersebut, lalu kembali ikut mengantri untuk mendapatkannya lagi di hari yang sama. Saya sarankan, jangan ditiru…

Pernah satu kali saya dan beberapa teman mencoba datang ke tempat ini sebelum adzan dzuhur berkumandang. Setelah menunggu sambil mengethok-ngethok pintu kantor ini, akhirnya adzan dzuhur pun berkumandang, namun pintu kantor ini tidak bergeming. Hampir menyerah, namun alhamdulillah, pada akhirnya ada petugas yang keluar dari dalam kantor ini (yang sepertinya baru saja beristirahat sembari menunggu waktu sholat), dan dengan baiknya beliau memberikan Al-Qur’an untuk saya dan teman-teman saya yang lainnya..hehe

Nah, bagi kawan semua yang menginginkan Al-Qur’an ini, cobalah datang ke tempat tersebut, semoga lokasi pembagiannya masih belum berubah… Semoga bermanfa’at!


*kredit featured image : gomuslim.co.id


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini