Al Baik Restaurant
Arab Saudi Madinah Makkah

Al Baik : Tidak Seorangpun Bisa Berkata Tidak

Seseorang bercanda, di Arab Saudi, selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, hal ketiga yang membuat sesorang merasa bahagia dapat berkunjung ke Kerajaan tersebut adalah Restoran Al Baik. Ya, benar, restoran cepat saji yang selalu ramai itu Al Baik namanya (saya mendengar orang mem-pronounce Al Baik sebagai Al-Bek” bukan “Al Ba-ik” macam seperti orang Indonesia kalau bicara).

Meskipun Al Baik tidak mempunyai cabang di setiap kota di Arab Saudi – bahkan, Riyadh yang notabene merupakan ibu kota Arab Saudi pun masih kekurangan – hampir setiap orang tahu Al Baik, hampir setiap orang pernah merasakan cita rasa Al Baik – meski hanya sekali seumur hidup, dan sangat jarang, ada orang yang tidak menyukai Al Baik.

Untuk kawan yang pernah berkunjung ke Arab Saudi, khususnya di Makkah (untuk melaksanakan haji, umrah, atau lainnya, baca juga : Panduan Umrah dalam Dua Lembar Kertas HVS), tentu kawan tahu apa yang saya bicarakan. Kawan mungkin pernah mendengar, melihat, bahkan ikut mengantri untuk membeli makanan di restoran cepat saji yang paling terkenal di seantero Kerajaan ini.

Bahkan Syaikh Abu Eesa pun terkadang melempar joke tentang Al Baik ini 😀

I’m not a conspiracy theorist but who put nazar on al-Baik chicken pieces this Hajj?!

Not hatin’ but mans have been let down! 󾌹

#Hajj2016

Posted by Abu Eesa on Thursday, September 15, 2016

Pertama kali saya merasakan rasa fries dan chicken nuggets yang saya beli dengan bersusah payah mengantri dan berebut menyodorkan struk demi mendapatkannya, saya merasa amat bahagia. Rasanya gurih (walau sedikit terlalu asin di lidah saya), dan unik. Saya belum pernah merasakan rasa seunik ini, kecuali disini.

Al Baik Makkah
It’s a crowd-pleaser. It’s a crowd puller. It’s just irresistible

Dan meskipun sekarang fast food chains lain telah menjamur dan ada semakin banyak lagi restoran-restoran yang menawarkan menu makanan yang berbeda dari luar Arab, Al Baik tetap menjadi restoran favorit disini. Jika dilihat dari antriannya, mashallah luar biasa!

#albaik #madinah #broast

A post shared by Mirchu (@mirchu_net) on

Kredit : @mirchu_net

Sekilas tentang Menu dan Harga Al Baik

Terlepas dari rasanya yang mampu menggoyang lidah. Salah satu alasan mengapa restoran Al Baik ini sangat populer adalah karena it offers value for money meal. Tidak sampai 15 SAR, saya sudah merasa sangat kekenyangan. Karena porsi yang sebenarnya cukup untuk berdua, saya habiskan sendiri..hehe. Pun jika dibandingkan dengan restoran-restoran lain, harga di restoran ini juga lebih murah, dan pasti insyaallah rasanya cocok di lidah orang Indonesia macam saya ini. Nah, jika anda berminat untuk membeli makanan disini, saya sarankan untuk memesan Big BAIK atau ALBAIK Chicken Meal-nya.

AL BAIK after two years~#jeddah #jeddahfood #businesstrip #delicious #albaikchicken #albaik🐔 #albaik

A post shared by 徐捷 (@trafalgar_seth) on

Kredit : @trafalgar_seth

Alamat Al Baik di Makkah dan Madinah

Jika kawan merasa lapar setelah melaksanakan Tawaf dan Sa’i di Masjidil Haram, bolehlah kawan segera bergerak menuju ke foodcourt yang ada di Mall Jabal Omar yang terletak di belakang Dar Al-Tawheed InterContinental untuk segera berebut menyantap makanan lezat ini.

Pun demikian di Madinah, terdapat pula cabang dari restoran cepat saji ini yang letaknya tidak terlalu jauh dari Masjid Nabawi.


Ternyata, baru saya tau, ada banyak jokes yang beredar seputar Al Baik ini. Salah satu yang paling terkenal adalah, ketika jama’ah haji atau umrah datang ke Arab Saudi, mereka akan melafadzkan Talbiyah : “Labbaik Allahumma Labbaik”… Nah ketika pulang, bergantilah mereka akan melafadzkan “Al Baik, Al Baik”..hehe.

Nah terakhir, jika kawan berkunjung ke Arab Saudi sana, jangan lupa ya untuk coba makan di Restoran Al Baik ini. It is Al Baik because no one can just say no! 🙂

*kredit untuk featured picture : life-in-saudiarabia


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini