The Grand Palace Bangkok
Bangkok Thailand

7 Tempat yang Harus Kamu Kunjungi di Bangkok sebagai First-timer

Ada 7 tempat yang harus kamu kunjungi di Bangkok sebagai seorang yang baru saja menginjakkan kaki di Kota ini. Apa saja itu?

1. Mengelilingi Komplek Grand Palace & Wat Phra Kaew

Pergi ke Bangkok, tidak akan lengkap jika tidak menggunjungi tempat ini. Yap, Grand Palace, yang merupakan landmark yang paling terkenal di seantero Bangkok merupakan tempat yang harus kamu kunjungi ketika pergi ke kota yang menjadi Ibu Kota Thailand ini. Didirikan pada tahun 1792 tempat ini seakan menjadi magnet yang terus menarik perhatian para pengunjung untuk mendatanginya karena arsitektur dan detail dari tiap sisi bangunannya yang sangat mengagumkan.

The Grand Palace Bangkok

Di dalam komplek istana ini, terdapat beberapa bangunan-bangunan menakjubkan lainnya, termasuk juga Wat Phra Kaew (Kuil Budha Zamrud), yang berisikan Budha Zamrud yang sangat terkenal dan dihormati yang melambungkan kita kembali ke abad 14 (sayangnya tidak boleh diambil gambarnya). Uniknya, ada ritual penggantian jubah dari patung Budha ini yang diganti menurut musim yang sedang berlaku di Thailand, yaitu musim hujan, dingin dan panas. Ritual penting ini hanya boleh dilakukan oleh Sang Raja dari negeri gajah putih ini.

Chakri Maha Prasat - Grand Palace Bangkok
Chakri Maha Prasat – Royal Reception Halls

Perlu diperhatikan, ketika masuk ke tempat ini kita harus berpakaian sopan, karena tempat ini adalah tempat suci. Laki-laki harus memakai celana panjang dengan kaos yang mempunyai lengan (tidak boleh pakai tank tops), jika kita memakai sandal / flip-flop, kita harus memakai kaos kaki (atau dengan kata lain, tidak boleh masuk dengan kaki telanjang). Perempuan juga harus memakai pakaian yang sopan, tidak boleh tembus pandang, lengan terbuka dll.

#Jam Buka : Setiap hari dari 08.30 – 15.30

#Harga Tiket : 500 Bath.

#Lokasi : Na Phra Lan Road, Old City (Rattanakosin)

#Cara Menuju ke Tempat ini: Dari Sukhumvit, gunakan MRT ke Hua Lamphong, lalu ambil bus nomor 159 ke Sanam Luang. Kemudian, berjalan kakilah ke Grand Palace dari sana atau mengambil bus lain (44, 82 atau 512) ke Dermaga Tha Chang-Wat Rakhang.

#Google Maps:

#Scam ALERT! : Jangan pernah sekalipun percaya apabila ada orang lokal yang datang menemuimu dan mengatakan bahwa tempat ini tutup, dan kamu harus pergi ke kuil lain yang buka dengan menggunakan tuk tuk. Hati-hatilah, karena ini adalah permainan para scammers yang pada akhirnya mereka akan membawamu ke tempat belanja perhiasan atau yang lainnya. Usahakan untuk selalu masuk ke pintu utama, karena pintu masuk untuk turis adalah di pintu utama tersebut.

2. Melihat Patung Budha Berbaring di Wat Pho

Wat Pho, atau Wat Phra Chetuphon, terletak di belakang Kuil Budha Zamrud, dan merupakan suatu tempat yang harus dikunjungi oleh para first timer di Kota Bangkok. Tempat ini merupakan salah satu komplek perkuilan yang paling besar di seluruh kota, dan terkenal dengan patung Budha berbaringnya yang mempunyai panjang sekitar 46 meter dan dilapisi lapisan emas.

Wat Pho - Bangkok
Patung Budha Berbaring di Wat Pho

Tempat ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit dari Grand Palace, dan sangat direkomendasikan untuk datang ke Wat Pho setelah terlebih dulu mengunjungi Grand Palace, karena, meskipun patung Budha emas ini juga sangat populer, tapi tidak banyak orang meneruskan untuk berkeliling di bagian lain dari komplek ini, sehingga kita bisa menikmati berjalan-jalan di komplek ini dengan lebih relaks.

#Jam Buka : 08.00 – 17.00

#Harga Tiket : 100 Bath

#Lokasi : 2 Sanamchai Road, Grand Palace Subdistrict, Phanakorn District.

#Google Maps :

 

3. Menikmati Senja di Wat Arun di Sisi Sungai Chao Phraya

Wat Arun atau dikenal juga sebagai Wat Chaeng terletak di sisi sebelah barat sungai Chao Phraya. Kuil ini merupakan salah satu kuil yang paling terkenal di seluruh Bangkok. Bukan hanya karena tempatnya yang terletak di sisi sungai, namun juga karena, dari sisi desain, sangat berbeda dengan kuil-kuil lain yang dapat kamu temui di Bangkok. Wat Arun (atau disebut juga Kuil Fajar) ini sebagian terdiri dari menara-menara yang didekorasi berwarna warni dan terlihat berdiri dengan gagah di atas air jika dilihat dari kejauhan.

Wat Arun Bangkok
Wat Arun | Kredit : @nnonggg

Wat Arun ini letaknya hampir berlawanan dengan Wat Pho, sehingga sangat mudah untuk mencapainya. Dari komplek Wat Pho, berjalan kakilah sejauh sekitar 200 m ke Dermaga Tha Tien atau disebut juga dengan Dermaga 8, lalu bayarlah tiket sebesar 3 Bath saja di loket, dan kemudian naiklah ke perahu yang akan mengantarmu ke sebelah barat dari Sungai Chao Praya. Perahu ini mempunyai penanda di atasnya, sehingga kamu tidak akan salah naik. Dan hanya sekitar 5 menit saja, maka kamu sudah berada di tepi barat dari sungai ini.

Meskipun dinamakan Kuil Fajar, namun tempat ini akan terlihat sangat menakjubkan ketika matahari terbenam, khususnya ketika kuil ini bermandikan cahaya di malam hari.

Wat Arun - Sunset
Wat Arun during Sunset | Kredit : @angele.w

#Harga Tiket : 100 Bath

#Jam Buka : 08.30 – 17.30

#Lokasi : 158 Wang Doem Road, Khwaeng Wat Arun

#Google Maps:

4. Menikmati Pagi di Pasar Terapung Damnoen Saduak

Damnoen Saduak merupakan pasar terapung yang paling terkenal di Thailand untuk berburu foto dan tentu saja, makanan! Waktu pagi hari adalah waktu yang paling pas untuk mengunjungi tempat ini, menghindari panas dan merasakan Damnoen Saduak pada waktu yang paling hidup.

Damnoen Saduak - Outskirt Bangkok
Damnoen Saduak at Suburbs of Bangkok | Kredit : passportsnapshots

Banyak turis yang datang ke Thailand ingin mengunjungi pasar terapung, dan banyak dari mereka yang pada akhirnya memutuskan untuk pergi ke tempat ini. Pergi dari kesibukan kota Bangkok di pagi hari menikmati kesibukan pasar terapung disini.

Enjoy Damnoen Saduak
Menikmati Pasar Terapung | Kredit : haleydraz

Untuk mencapai pasar ini dapat ditempuh selama 1 jam dari Kota Bangkok. Namun, cara yang paling mudah untuk mencapai tempat ini adalah dengan menggunakan jasa tour.

#Google Maps

5. Jalan-Jalan di Chinatown, Bangkok

Chinatown di kota Bangkok adalah tempat turistik lain yang terkenal dan merupakan surga bagi para penggemar makanan yang datang berbondong-bondong ke tempat ini setelah matahari terbenam untuk menjelajahi stand makanan kaki lima yang menyajikan beraneka ragam menu menarik di tempat ini. Pada siang hari, tempat ini juga tidak kalah sibuk, karena serombongan orang-orang yang berbelanja turun ke jalanan ini untuk berbelanja kebutuhan pokok, berjualan emas, atau mengunjungi kuil China yang ada di tempat ini.

Yaowarat Chinatown Bangkok
Chinatown Bangkok | Kredit : elsewhere_r

Dipenuhi dengan kios-kios pasar, restoran kaki lima, dan padatnya toko-toko emas disana sini, Chinatown adalah sebuah pengalaman yang tidak boleh terlewatkan. Rencanakan kunjungan kita ke tempat ini selama hari-hari khusus tertentu, seperti Tahun Baru China, maka kamu bisa menikmati Chinatown di Kota Bangkok pada suasana yang paling semarak.

Yaowarat Chinatown Bangkok
Chinatown Bangkok | Kredit : elsewhere_r

#Lokasi : Yaowarat Road

#Google Maps :

#P.S. Mungkin akan sulit menemukan makanan berlabel halal di tempat-tempat ini. Namun, ada makanan kaki lima yang Muslim friendly seperti “Khanom Buang” yang bentuknya seperti taco, tapi tidak berisi daging atau sayuran, namun berisikan parutan kelapa dan santan manis.

6. Berbelanja Merchandise di Pasar Chatuchak

Pasar Chatuchak, dahulunya hanya masyhur dikalangan para pedagang dan grosir. Namun sekarang, pasar ini berubah menjadi tempat terkenal yang harus dikunjungi oleh para pelancong yang singgah di Kota Bangkok. Tempatnya yang luas dan diisi dengan berbagai macam koleksi merchandise, menjadikan tempat ini merupakan tempat dimana kita bisa shop till drop.

Chatuchak Market
Pasar Chatuchak | Kredit : chicca_travel

Area Chatuchak dipenuhi oleh lebih dari 8000 kios. Di hari akhir pekan biasa, diperkirakan lebih dari 200.000 pengunjung datang ke tempat ini untuk menawar dan membeli barang. Jika kita punya akhir pekan di Bangkok, betul-betul tidak ada salahnya kalau kita melawat ke tempat ini, dan tentu kita tidak akan kecewa karenanya.

#Jam Buka : Keseluruhan pasar akan buka di hari Sabtu dan Minggu

#Lokasi : 587/10 Kamphaeng Phet 2 Road, Khwaeng Chatuchak, Khet Chatuchak.

#Cara menuju ke tempat ini : dengan menggunakan BTS, turun di stasiun Mo Chit, lalu ambil pintu keluar nomor 1.

#Google Maps:

7. Pasar Malam Rod Fai

Pasar malam ini betul-betul luar biasa! Bazaar terbuka ini dibagi ke dalam tiga zona : Zona Warehouse, tempat dimana kamu bisa menemukan hampir semua jenis barang-barang second, seperti barang-barang rumah tangga, pakaian, atau alat-alat elektronik; Zona Pasar yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari; dan Rod’s Antiques, tempat dimana kamu bisa menemukan barang-barang vintage, yang langka dan unik. Kios-kios yang menjual makanan halal pun dapat ditemukan di pasar ini. Hal yang perlu kamu persiapkan sebelum datang ke tempat ini hanyalah perut kosong dan isi dompet yang penuh..hehe

Rod Fai Market
Rod Fai Market | Kredit : raoul.de.boer

#Jam Buka : 17.00 sampai tengah malam, Kamis sampai Minggu.

#Lokasi : Srinagarindra 51 Alley, Nong Bon, Prawet, Bangkok 10250 (Belakang Seacon Square Shopping Mall)

#Cara menuju tempat ini : Gunakan BTS menuju ke stasiun On Nut, dan naiklah taksi dari sini.

#Google Maps:


Nah, itulah 7 tempat menarik yang harus kamu kunjungi ketika berada di Bangkok. Adakah tempat-tempat lainnya yang menurutmu menarik untuk dikunjungi? Tuliskan pendapatmu di bawah sini ya!


Special thanks to : @holandrio for giving me an insight to write this post, some of the pictures were taken by him 😂

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini