Tempat Sholat di COEX Mall
Korea Seoul

5 Tempat Sholat di Seoul, Dimana Sajakah?

Setelah sempat saya tuliskan pada beberapa waktu yang lalu tentang “3 Tempat Sholat di Busan, Dimana Sajakah?“. Kali ini saya mau bahas 5 tempat sholat di Seoul, Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi ketika kamu ingin melaksanakan sholat di tempat yang lebih proper. Dimana sajakah tempat-tempat itu berada? Simak disini!

1. Seoul Central Mosque (Masjid Sentral Seoul)

Tempat sholat di Seoul yang pertama kali akan saya tuliskan, tentu adalah Seoul Central Mosque, yang merupakan masjid terbesar yang ada di negara Kimchi ini. Seoul Central Mosque terletak di daerah Hannam-dong, Yongsan-gu. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Korea dan mulai dibangun pada bulan Oktober 1974 di sepetak tanah seluas 5000 meter persegi yang didonasikan oleh pemerintah Korea. Didirikan dengan bantuan finansial dari negara-negara Islam, masjid ini secara resmi dibuka pada tanggal 21 Mei 1976, dan sekarang masjid ini berdiri dengan megah ditengah-tengah, antara Sungai Hangang dan Gunung Namsan.

Menelusuri Masjid-Masjid di Korea Selatan : Seoul Central Mosque

Lantai pertama dari Masjid ini terdapat ruang-ruang rapat dan juga kantor dari Federasi Muslim Korea (Korea Muslim Federation). Sedangkan di lantai dua, terdapat tempat sholat bagi laki-laki, sedangkan tempat sholat untuk perempuan terdapat di lantai tiga. Tempat wudhu untuk laki-laki terletak di ruangan sebelah kanan dari Masjid ini.

Kali pertama saya datang ke tempat ini adalah di hari Jum’at pada tanggal 20 Februari 2015, yang bertepatan juga dengan Hari Seollal, yang merupakan hari libur nasional Korea Selatan. Pada waktu itu, jama’ah yang datang membeludak sampai ke pelataran Masjid. Khutbah yang dilaksanakan disini (kalau tidak salah ingat) dibacakan dalam tiga bahasa : Bahasa Arab, Bahasa Korea dan Bahasa Inggris.

Tempat Sholat di Seoul | Seoul Central Mosque

#Cara mencapai tempat ini : Dari stasiun Itaewon (Seoul Subway Jalur 6), keluarlah dari Exit nomor 3, lalu berjalan lurus sekitar 100 m, dan beloklah ke kanan. Sampai di pertigaan jalan setelah restoran Usmania, beloklah ke kiri, dan berjalanlah sejauh sekitar 200 m. Masjid berada di sebelah kiri.

#P.S. : Itaewon merupakan tempat yang sangat populer di kalangan pelancong Muslim, berbagai macam makanan halal dapat kamu temui disini (baca juga : 5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul)

2. Masjid Al-FalahYeongdeungpo, Seoul

Seperti halnya Musholla Madina Al Misbah dan Masjid Hidayatullah di Busan, tempat sholat di Seoul yang kedua ini juga hanya berupa sebuah ruangan yang disewa dan disulap menjadi sebuah Masjid, tidak berkubah, tidak berminaret. Nama dari masjid ini adalah Masjid Al-Falah, yang merupakan basis dari organisasi Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Korea Selatan, yang lebih tepatnya, terletak di daerah Yeongdeungpo.

Tempat Sholat di Korea | Masjid Al-Falah
Kredit : Masjid Al-Falah

Sebagaimana masjid-masjid Indonesia lainnya, masjid ini juga akan ramai didatangi orang-orang di malam minggu, dan kita pun boleh menginap di masjid ini dan mengikuti kegiatan yang ada disana.

Kegiatan di Masjid Al Falah
Kredit : Masjid Al-Falah

#Cara menuju tempat ini : Turun di stasiun Yeongdeungpo (Seoul subway, jalur 1), keluarlah dari pintu nomor 4 atau pintu nomor 2, dan berjalanlah sampai kamu temukan penanda masjid di sebelah kiri jalan.

Masjid Al Falah, Yeongdeungpo
Kredit : Masjid Al Falah

#Facebook : Masjid Al-Falah dan IKMI Seoul Korea

#P.S. : Masjid ini sering mengadakan kajian yang disiarkan secara langsung via facebook.

3. KTO Tourist Information Center (TIC)

Tempat sholat ketiga yang dapat kamu temukan di kota Seoul adalah musholla yang berada di dalam gedung pusat KTO (Korea Tourism Organization) di Kota Seoul, di bagian Tourist Information Center (TIC) yang terletak di lantai 2 dari gedung KTO tersebut.

Oh ya, perlu diketahui juga, gedung KTO ini berada di pinggiran aliran sungai Cheonggyecheon yang terkenal di Seoul. Jadi bolehlah, sembari menunggu waktu sholat kita sempatkan berjalan-jalan di pinggiran aliran sungai Cheonggyecheon yang jernih dan romantis itu.

Cheonggyecheon Stream
Cheonggyecheon Stream di Malam Hari

Tempat sholat yang ada di KTO TIC ini baru saja selesai direnovasi, dan punya dua ruang sholat yang terpisah, satu untuk laki-laki dan satu untuk perempuan.

Tempat Sholat di KTO TIC Seoul
Tempat sholat di KTO TIC | Kredit : visitkorea.com.my

Di dalam tempat sholat ini juga tersedia fasilitas untuk melakukan wudhu dan juga sajadah. Sehingga, kita tidak perlu cemas bagaimana kita akan melakukan sholat di tempat ini.

Fasilitas untuk Berwudhu
Fasilitas untuk Berwudhu | Kredit : visitkorea.com.my

#Cara menuju tempat ini : Naik subway line 1, turun di Stasiun Jonggak, kemudian ambil pintu keluar nomor 5, lalu berjalanlah lurus sampai kamu temukan aliran Cheonggyecheon, seberanglah aliran tersebut melalui jalan raya yang melintas di atasnya, lalu beloklah ke kanan, maka kamu akan melihat gedung yang menjulang tinggi sebagai markas dari KTO Seoul ini.

#Jam Buka : 09.00 – 20.00

#Google Map

4. COEX Mall

COEX Mall adalah shopping center bawah tanah yang paling besar se-Asia. Tempat ini terletak di basement dari Korea World Trade Center, yang terletak di Samseong-dong di daerah Gangnam. Pusat perbelanjaan kolosal ini membentang dari stasiun Samseong (subway jalur 2) di sebelah selatan sampai ke kuil Bongeunsa di sebelah utara, dan area ini dikenal sebagai komplek perbelanjaan dan entertainment yang paling bagus disini.

COEX Mall
Kredit : seoul_mice_s

Nah, untuk para muslim travelers, disini ada lho tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melaksanakan sholat. Letak dari tempat sholat ini berada di lantai 3F di dekat Hall E di gedung COEX ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kredit : HalalKorea

Ada tempat sholat untuk perempuan dan untuk laki-laki yang terpisah. Mushola ini juga dilengkapi dengan Al-Quran, penunjuk arah kiblat, dan sajadah. Namun, untuk mengambil wudhu harus dilakukan di toilet terdekat, tapi tenang saja karena disini sandal juga sudah disediakan.

Tempat Sholat di COEX Mall
Tempat Sholat di COEX Mall | Kredit : BnB Hero

#Cara menuju ke COEX Mall : Ambil subway jalur 2, lalu turun di stasiun Samseong, kemudian ambil pintu keluar nomor 5 atau 6.

5. Seoul National University

Nah, tempat sholat kelima yang bisa kamu kunjungi di Seoul berada di dalam lingkungan kampus Seoul National University, atau lebih tepatnya berada di SNU Language Education Institute (LSE) lantai 4. Kamu bisa memakai tempat sholat ini tanpa perlu menunjukkan ID mahasiswa.

#Cara menuju ke tempat ini : Ambil subway jalur 2, kemudian turun di Seoul National University. Keluar dari pintu nomor 3 lalu naiklah bus lokal nomor 5511, 5512 atau 5513.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kredit : HalalKorea

Tempat sholat terletak di lantai 4 dari bangunan bernomor 137.


Nah itulah dia 5 tempat sholat di Kota Seoul yang bisa kamu kunjungi sebagai alternatif tempat melaksanakan sholat, selain – tentu saja – tempat dimana kamu menginap. Jangan lupa subscribe dan tinggalkan komen dibawah ya


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini