Referensi Belajar Haji secara Mandiri
Haji dan Umrah Tips Berhaji

4 Referensi Belajar Manasik Haji secara Mandiri

Terdapat banyak sekali buku-buku di luar sana yang membahas mengenai manasik haji. Pun dari pemerintah Indonesia sendiri juga mengeluarkan buku hijau yang isinya panduan agar bisa melaksanakan haji secara mandiri di Tanah Suci (baca juga : Pilih Haji Mandiri atau Ikut KBIH). Namun, karena rasa tidak puas, saya akhirnya mencoba mencari sendiri referensi-referensi yang bisa saya gunakan, untuk menambah pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji ini. Berikut ada 4 referensi belajar manasik haji secara mandiri yang bisa teman-teman pertimbangkan untuk membelinya atau menyimaknya:

1. Buku Getting The Best out of Hajj karya Abu Muneer Ismail Davids

Buku ini tidak hanya menjelaskan urutan ritual-ritual ibadah haji saja. Namun, lebih jauh daripada itu, buku ini membahas hampir keseluruhan aspek untuk mempermudah pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

Buku ini menurut saya sangat bagus untuk dibaca dan dimiliki, karena dengan membacanya, saya bisa membayangkan gambaran nyata pelaksanaan ibadah haji. Saya tahu kondisi-kondisi yang akan saya hadapi, hal-hal yang harus saya persiapkan, tips-tips yang sangat bermanfaat, dan juga tidak lupa pula masalah fikih dalam berhaji.

Referensi Belajar Manasik Haji secara Mandiri : Getting the Best out of Hajj

Saya membeli buku ini dari Amazon, dengan harga sekitar 367.000 Rupiah. Saya kira hanya dengan membaca buku ini, para pembaca akan merasa sangat terbantu sekali. Namun, ukurannya yang besar menjadi kelemahan dari buku ini, sehingga kurang praktis untuk dibawa kemana-mana pada saat berada di Tanah Suci.

2. Buku “Do’a & Dzikir Manasik Haji & Umrah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW” terbitan Pustaka Ibnu Umar

Nah, sebagai suplemen dari buku Getting The Best out of Hajj, saya sarankan teman-teman membeli buku “Do’a & Dzikir Manasik Haji & Umrah sesuai Tuntunan Rasulullah SAW” karya Abu Muhammad Ibnu Shalih bin Hasbullah terbitan Pustaka Ibnu Umar ini. Ukurannya yang kecil, praktis, dan mudah dibawa ini bisa kita gunakan sebagai referensi saat pelaksanaan ibadah haji dimulai.

Buku ini berisikan do’a dan dzikir yang dianjurkan untuk dibaca mulai dari keluar rumah sampai dzikir-dzikir manasik haji dan umrah. Selain itu, diselipkan pula do’a-do’a yang disarikan dari Qur’an dan Sunnah yang dapat dibaca di tempat-tempat yang mustajab untuk berdo’a. Buku ini dapat dibeli di Bukalapak dengan harga sekitar 30.000 rupiah.

3. Buku “Haji, Umrah dan Ziarah” karangan Sheikh Bin Baz

Selain dua buku di atas, sebagai tambahan referensi, saya juga sarankan untuk membaca buku “Haji, Umrah dan Ziarah Menurut Kitab dan Sunnah” karangan Sheikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz.

Buku tersebut dapat teman-teman unduh secara gratis melalui link bbg-alilmu.com.

4. Menyimak Kajian “Sweetness of Hajj” oleh Farhan Abdul Azeez

Kajian Sweetness of Hajj oleh Farhan Abdul Azeez ini dapat teman-teman simak melalui link YouTube ini. Kajian ini menarik untuk diikuti, karena selain menjelaskan tentang fikih ibadah, juga menjelaskan aspek spiritual dari ritual-ritual yang akan kita jalani semasa di Tanah Suci.

Referensi Belajar Manasik Haji secara Mandiri : Sweetness of Hajj

Aspek spiritual penting untuk kita pahami sebelum melaksanakan ritual-ritual dalam ibadah, sehingga ibadah yang kita lakukan akan lebih sarat akan makna. Dan dengannya, kita bisa menarik suatu hikmah mengapa ritual-ritual yang ada di dalam ibadah haji tersebut perlu dilakukan.

Kuliah ini terdiri dari 14 seri yang dipotong-potong berdasarkan major event dari pelaksanaan ibadah haji. Dengan penuturan yang mengalir dan mudah dipahami, insyaallah akan bermanfa’at bagi teman-teman yang akan melaksanakan ibadah haji.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini