Padang Arafah
Haji dan Umrah Tips Berhaji

3 Aplikasi Haji yang Harus Kamu Install di Tanah Suci

Untuk mempermudah pelaksanaan ibadah haji, setidaknya ada 3 aplikasi haji yang harus kamu install di handphone androidmu. Aplikasi utama yang harus kamu install adalah aplikasi “Haji Pintar” yang merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Aplikasi lainnya yang harus kamu install adalah aplikasi “Salam” yang berisi urutan-urutan atau tata cara ibadah Umrah dan Haji, termasuk juga didalamnya berisi Qur’an, petunjuk arah kiblat, beserta jadwal sholat. Kemudian terakhir, aplikasi haji yang harus kamu install adalah aplikasi “Al Maqsad” untuk mempermudah navigasi ketika kamu berada di dalam Masjidil Haram.

1. Aplikasi Haji Pintar

Saat ini, pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementrian Agama RI, meluncurkan Aplikasi Haji Pintar yang sudah masuk ke versi ke dua. Aplikasi ini terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) secara online dan real time. Untuk mengetahui data jama’ah haji melalui aplikasi ini, kita bisa log in terlebih dahulu dengan memasukkan nomor porsi dan juga tanggal lahir.

Melalui aplikasi ini, kita bisa tahu akan beberapa hal, diantaranya :

  • Cek Keberangkatan (Porsi) (baca juga : Cara Cek Keberangkatan Haji dengan Nomor Porsi )
  • Peta Lokasi dan Petunjuk Arah untuk mengetahui sebaran maktab / tempat menginap yang ada di Makkah dan Madinah, dan juga petunjuk arah yang terkoneksi dengan google maps.
  • Jadwal Penerbangan, yang meliputi jadwal keberangkatan, kepulangan dan informasi bandara.
  • Akomodasi  di Makkah dan di Madinah
  • dan informasi-informasi berguna lainnya seperti Bus Sholawat, Konsumsi, dan lain-lain.

#Bahasa Pengantar : Indonesia

2. Aplikasi Salam

Aplikasi haji yang harus kamu install selanjutnya adalah aplikasi Salam: Hajj & Umrah Guide besutan hajjnet. Saya pribadi merasa senang dan sangat terbantu sekali dengan hadirnya aplikasi ini. Bahkan rasanya saya sudah tidak perlu membawa buku panduan apa-apa lagi dengan bantuan aplikasi ini.

Aplikasi ini berisi tata cara haji dan umrah, sehingga apabila kita sedikit terlupa dengan urutan-urutan haji ataupun umrah, kita hanya perlu membuka aplikasi ini saja.

Aplikasi Haji yang Harus kamu Install | Salam - Urutan Haji dan Umrah

Selain itu, fitur lain yang menurut saya sangat keren adalah Tawaf counter dan Sa’i counter, untuk menghitung putaran tawaf dan putaran sa’i, tanpa takut terlupa sudah berapa putaran tawaf atau sa’i kita.

Aplikasi Haji yang Harus Kamu Install | Salam - Tawaf Counter

Selain itu, di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur Qur’an

Aplikasi Haji yang Harus Kamu Install | Salam - Qur'an

dan juga petunjuk arah kiblat beserta waktu sholat sesuai lokasi geografis dimana kita berada.

Aplikasi Haji yang Harus Kamu Install | Salam - Jadwal Sholat

Ibarat paket lengkap, aplikasi ini benar-benar harus kamu install sebelum kamu berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji atau umrah.

#Bahasa Pengantar : Arab, Inggris, Perancis, Urdu, Indonesia, Melayu, Turki, Rusia dan Hindi

3. Aplikasi Al-Maqsad

Pemerintah Arab Saudi berusaha untuk menyediakan semua fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung Masjidil Haram termasuk di dalamnya melakukan ekspansi bangunan Masjid, dan juga mengimplementasikan sistem navigasi baru yang dapat membantu jama’ah haji ataupun umrah agar tidak mudah tersesat.

Salah satu aplikasi haji yang harus kamu install yang akan sangat membantu navigasi pencarian lokasi di Masjidil Haram dan sekitarnya adalah aplikasi Al-Maqsad besutan NaviBess yang bisa kamu download di aplikasi haji AlMaqsad – AlHaram Navigation. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat penting untuk memfasilitasi pergerakan jama’ah baik di dalam, maupun di sekitar Masjidil Haram.

Aplikasi Haji yang Harus Kamu Install | Al Maqsad (1)

Al-Maqsad akan menunjukkan kepada pengguna handphone mengenai lokasi dimana mereka berada dalam Bahasa Arab atau Bahasa Inggris, yang bisa kamu sesuaikan sendiri, dan dapat membantumu menunjukkan jalan yang bisa ditempuh untuk menuju suatu tempat baik di dalam, maupun di sekitar Masjidil Haram. Dan hebatnya lagi, untuk menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu terkoneksi dengan internet. Kamu hanya perlu mengaktifkan bluetooth saja.

Aplikasi Haji yang Harus Kamu Punya | Al-Maqsad (2)
Credit : islamhashtag

Aplikasi ini dapat menginstruksikan pengguna dengan suara kemana mereka harus pergi untuk mencapai tempat yang ingin mereka tuju. Aplikasi ini juga menyediakan peta 3D untuk membantu pengguna. Nah, berguna sekali kan?

#Bahasa Pengantar : Arab atau Inggris

Nah, tiga aplikasi di atas adalah aplikasi-aplikasi yang banyak membantu saya menunaikan Ibadah di Tanah Suci, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini