Gurame Khas Restoran Rindoe Kampoeng Busan
Busan Korea

10 Restoran Halal dan Ramah Muslim di Busan yang Perlu Kamu Coba

Busan adalah kota terbesar kedua di Korea Selatan setelah Ibu Kota negara itu sendiri, yaitu Seoul. Kota pelabuhan ini terletak di pesisir pantai di sebelah tenggara Semenanjung Korea. Pergi ke Busan, berarti kamu bisa menikmati indahnya pantai-pantai berpasir putih yang membentang di sepanjang pesisirnya (baca : Berwisata Pantai Seharian di Sekitar Busan), pergi ke Busan, berarti kamu juga bisa mengunjungi salah satu Masjid terbesar yang ada di Korea, : Masjid Al-Fatah, Busan (baca juga : Menelusuri Masjid-Masjid di Korea Selatan).

Mungkin ada yang bertanya, sebagai seorang Muslim yang mempunyai dietary law yang harus diperhatikan, dimanakah saya bisa mencari tempat makan yang ramah muslim di tempat ini ya? Jika kamu berada di Seoul, kamu dapat dengan lebih mudah menemukan restoran-restoran yang menyajikan menu makanan yang ramah muslim, apalagi di area sekitar Itaewon yang terkenal itu (baca : 5 Restoran Korea Halal yang Bisa Kamu Kunjungi di Seoul). Namun di Busan, dimanakah restoran-restoran itu berada? Simak 10 restoran ramah muslim di Busan yang dapat kamu coba pada artikel ini!

P.S. Tidak semua makanan yang disebutkan disini memiliki sertifikat halal, jadi jika nampak ada yang meragukan, jangan ragu untuk bertanya kepada pemilik restoran.

1. Restoran Maroko Casablanca

Terletak hanya beberapa langkah saja dari Masjid Al-Fatah, restoran ini merupakan salah satu restoran ramah muslim yang patut kamu coba. Restoran ini adalah tempat terbaik untuk menikmati makanan khas Maroko seperti Dimlama, Chicken Tajin, Tahini, Samosa khas Maroko, dll.

Meskipun staff yang berjaga disini tidak bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, akan tetapi, jika kamu ingin memesan, kamu bisa langsung menunjuk makanan yang akan kamu pilih dari buku menu yang ada. Selain pelayanan yang sangat baik dan makanan yang lezat, kamu juga bisa merasakan atmosfer Maroko yang kental jika kamu makan di Restoran Casablanca ini.

Makanan di Casablanca Busan

Jam Buka : 10.30 – 23.00 (Senin tutup)

Menu Utama : Lamb Barbecue, Lamb Tahini, Tajin.

Alamat : 113 – 15 Geumdan-ro, Geumjong-gu, Busan.

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 1, turun di Stasiun Dusil dan keluarlah di pintu nomor 8.

Google Map:

2. Rumah Kebab Turki Cappadocia

Restoran Cappadocia ini adalah restoran kedua yang letaknya sangat berdekatan dengan Masjid Al-Fatah, Busan. Di restoran ini, kamu bisa menikmati beraneka ragam makanan khas Turki seperti Kebab, Yahni, Lavash, Shis Kebab yang disajikan bersama dengan Ekmek yaitu roti khas Turki yang menjadi ciri khas dari restoran ini. Menu lain yang populer yang menggabungkan citarasa Korea dan Turki adalah Kimchi Kebab.

Tidak seperti kebanyakan restoran lain yang mana mereka biasanya sengaja merubah rasa hidangan mereka agar sesuai dengan lidah orang lokal, Cappadocia tetap mempertahankan resep tradisionalnya, sehingga para pengunjung dapat menikmati rasa makanan Turki yang masih autentik.

Beberapa Makanan di Cappadocia Turkish House, Busan
Kredit : Youngshin Jo

Jam Buka : 11.30 – 22.00

Menu Utama Lihat disini

Alamat : 30-3, Namsang-dong, Geumjong-gu, Busan.

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 1, turun di Stasiun Dusil dan keluarlah di pintu nomor 8.

Google Map:

3. Restoran India Punjab (Haeundae)

Makanan di Restoran India Punjab
Kredit : @tyraaaaaaas

Pernah diliput oleh televisi nasional termasuk didalamnya KBS dan MBC, restoran India Punjab ini adalah alternatif restoran halal lainnya yang menawarkan masakan India yang lezat, dan letak dari restoran ini sangatlah dekat dengan Pantai Haeundae yang terkenal dengan pasir putihnya itu.

Restoran ini dikenal karena menggunakan bahan makanan yang masih segar, serta menggunakan daging halal untuk masakannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila restoran ini berhasil menarik banyak orang Islam, baik yang tinggal di Korea ataupun yang sedang pergi berlibur disana, untuk datang dan menikmati masakan India di restoran ini.

Menu yang disajikan disini pun beragam, seperti Tandoori, salah satu masakan khas India yang sangat terkenal itu, dan berbagai varian kari, termasuk juga roti naan yang rasanya lezat. Beberapa masakan yang harus kamu coba disini antara lain paneer butter masala, chicken masala, chicken butter masala, daal makhani dan biryani.

Chicken Tandoori di Restoran India Punjab
Chicken Tandoori | Kredit : @alivepusan

Restoran ini sangat populer dikalangan orang-orang asing, dan tak jarang tempatnya akan sangat penuh, sehingga jika terpaksanya kamu tidak bisa mendapatkan tempat disini, kamu bisa memesan makanan dan membawanya keluar untuk dinikmati sambil duduk-duduk cantik di bibir pantai Haeundae.

Jam Buka : 11.30 – 22.30

Menu Utama : Dal fry, chicken masala, beras basmati, tandoori, biryani, naan

Alamat : 31 Gunam-ro, Haeundae, Busan.

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 2, turun di Stasiun Haeundae dan keluarlah melalui pintu nomor 3. Restoran terletak sekitar 5 menit perjalanan dan sangat dekat dengan Pantai Haeundae.

Google Map:

4. Hello India Al-Waha (Haeundae)

Makanan di Hello India Al-Waha
Kredit : Hello India Al-Waha

Dari berbagai macam restoran yang menyediakan menu khas India yang berada di sekitar Pantai Haeundae, Hello India Al-Waha adalah salah satu restoran yang menyajikan kombinasi yang apik antara masakan India, Timur Tengah dan Lebanon, yang hampir semuanya mempunyai rasa yang lezat. Akan tetapi, jika kamu memang berniat untuk menyantap makanan di tempat ini, maka kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memesan masakan khas Lebanon.

Restoran ini menawarkan beberapa macam kebab domba dan kebab ayam yang lezat, shawarma, daging barbecue, hummus, dan lain sebagainya. Lunch set menu yang ditawarkan oleh restoran ini juga sangat saya rekomendasikan. Hanya dengan 12.000 won saja, kamu akan mendapatkan berbagai jenis makanan, termasuk salad, hummus, ayam tandoori, kari, roti dan nasi biryani.

Makanan di Hello India Al-Waha
Chicken Tandoori | Kredit : __jjjjjeong__

Sekalipun di tempat ini alkohol juga disediakan, namun bahan makanan yang dipakai menggunakan bahan makanan yang halal, dan memang harus saya akui, restoran Hello India Al-Waha ini adalah salah satu restoran favorit saya karena masakannya yang super lezat, benar-benar lezat sampai gigitan terakhir.

Pelayanannya memuaskan dan staf-nya bisa berbicara Bahasa Inggris dengan fasih. Restorannya sendiri termasuk luas, dan punya jendela yang besar yang menampilkan pemandangan di sekitar Pantai Haeundae. Sebuah tempat yang patut untuk kamu kunjungi jika kamu merasa lapar setelah berkeliling di sekitar Pantai Haeundae.

Jam Buka : 11.00 – 23.00

Menu Utama : Kebab, hummus, biryani domba, shawarma.

Alamat : 542-32 U-dong, Haeundae, Busan.

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 2, turun di Stasiun Haeundae dan keluarlah melalui pintu nomor 3. Restoran terletak sekitar 5 menit perjalanan sebelum Pantai Haeundae.

Google Map:

5. Restoran Indonesia Rindoe Kampoeng

Makanan di Restoran Rindoe Kampoeng
Kredit : Rindoe Kampoeng Busan

Rindoe Kampoeng, siapa yang tidak rindu masakan Indonesia saat pergi melancong ke luar negara? Nah, jika kamu merindukan masakan khas Indonesia ketika berada di Busan, maka kamu bisa mengunjungi restoran yang terletak dekat dengan terminal Bus di Busan, yaitu Terminal Bus Sasang.

Restoran ini menyediakan aneka macam masakan Indonesia yang mak nyus. Mulai dari sate, bebek, ayam, bakso, nasi goreng petai, sop kambing, dll, yang diracik dengan bahan-bahan yang insyaallah halal. Minuman yang disajikan pun beraneka ragam, ada STMJ, wedang jahe, es campur bahkan sampai teh botol.

Gurame Khas Restoran Rindoe Kampoeng Busan
Kredit : Rindoe Kampoeng Busan

Restoran ini biasanya akan ramai dikunjungi oleh orang-orang Indonesia di akhir pekan. Dan dengan harga yang tidak tergolong mahal, saya sangat merekomendasikan kawan-kawan semua untuk mencoba mengunjunginya bila merasa rindu masakan Indonesia ketika berkelana di Busan.

Menu Utama : Nasi goreng, mie goreng, pecel ayam, ikan bakar, sop kambing, sate, bakso, dll

Alamat : 532-2 Gwaebeop-dong, Sasang-gu, Busan.

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 2, turun di Stasiun Sasang dan keluarlah melalui pintu nomor 3. Teruslah berjalan kaki sejauh 100-200 meter dan belok ke kanan sebelum E-mart, restoran terletak di sebelah kanan mu.

Google Map:

6. Mie Goreng Indonesia – BIFF Square

Mie Goreng Indonesia di Busan
Kredit: Travel3sixty

Dikelola oleh dua orang muslimah asli Indonesia, stand makanan kecil yang terletak di BIFF Square ini menyediakan Mie Goreng khas Indonesia dengan harga 4000 won saja (baca juga : 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Seharian Di Busan). Jika kamu sedang berbelanja di BIFF Square ini dan tiba-tiba terkena serangan lapar atau kamu ingin mencari makanan yang ramah kantong, mie goreng ini adalah pilihan yang terbaik.

Mie Goreng di BIFF Square
Kredit : joondole

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 1, turun di Stasiun Jagalchi dan keluarlah melalui pintu nomor 7. BIFF Square terletak sekitar 5 menit perjalanan dari pintu keluar ini.

Google Map:

7. Restoran Uzbekistan Samarkand

Makanan di Samarkand Busan
Kredit : tripper2u

Terletak di jantung Kota China, Restoran Samarkand ini menyajikan masakan khas Uzbekistan yang halal dan lezat. Restoran ini terkenal dengan masakan hangatnya yang sarat dengan daging dan sayur-sayuran, dan merupakan restoran yang sangat digemari oleh ekspat yang berasal dari Arab, Rusia dan Uzbek yang tinggal di Busan dan sekitarnya.

Menu yang disajikan disini bermacam-macam, mulai dari sate kambing khas Uzbek, sapi panggang, dumpling sampai dengan menu-menu lain yang lebih sederhana seperti sup sapi dan samsa (kue yang diisi dengan daging). Samarkand adalah tempat yang recommended jika kamu ingin bereksperimen untuk mencoba masakan khas Uzbek. Jangan lupa, diakhir santapanmu, cobalah untuk merasakan rasa cake Rusia dan juga teh hitam yang rasanya segar.

Masakan Uzbek di Restoran Samarkand
Kredit : trazy.com

Jam Buka : 10.00 – 22.00

Menu Utama : Samsa, sate domba, laghman.

Alamat : 363-2 Choryang 2(i)-dong, Dong-gu, Busan.

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 1, turun di Stasiun Busan dan keluarlah melalui pintu nomor 9. Restoran terletak sekitar 5 menit perjalanan dari pintu keluar ini.

Google Map:

8. The New York Guys

The New York Guys Busan
Kredit : @irenehwayoung

Siapa yang tidak kenal dengan The Halal Guys? Outlet makanan yang sangat famous di New York, USA sana? Nah, di Busan ini ada juga lho tempat untuk menikmati kuliner per-daging-an yang mirip-mirip dengan The Halal Guys yang ada di New York sana, dan pastinya harga makanannya sangat ramah di kantong. Apa namanya? The New York Guys lah namanya.

The New York Guys adalah food truck yang baru-baru ini hadir di Busan, dan menjadi terkenal dengan menu khas Yunani-nya. Semua menu, mulai dari sandwich, gyro sampai rice bowl disajikan dengan porsi yang cukup besar ditambah dengan daging berbumbu, sayuran segar, saus pedas dan tahini. Di tempat ini, kamu juga bisa memesan minuman dengan hanya perlu menambah kocek sebesar 1000 won saja.

Makanan di The New York Guys
Kredit : @soony_c

Jam Buka : 11.00 – 22.00 (namun kadang tutup di hari-hari tertentu)

Menu Utama : Sandwich ayam, gyro, falafel, rice bowl.

Alamat : 68-5 Daeyeon 3 (sam) – dong, Nam-gu, Busan.

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 2, turun di Stasiun Universitas Gyeongseong / Kyunsung Univ & Pukyong National Univ dan keluarlah melalui pintu nomor 3. Lanjutkan dengan berjalan kaki sampai persimpangan dan kamu akan melihat Paris Baguette. Belok kanan dan jalan lurus sampai sekitar 20 meter ke depan. Food truck ini terletak di sebelah kirimu.

Google Map:

9. Jack and The Beanstalk Kitchen

Salah satu makanan di jack and beanstalk
Kredit : Jack and Beanstalk

Makanan India sudah, pun demikian dengan makanan Maroko, Indonesia, Turki dan Uzbekistan. Nah, kali ini saya akan tunjukkan salah satu restoran vegan sebagai opsi lain jika kamu merasa kelaparan dan ingin mencoba sensasi baru dalam dunia perkulineran.

Jack and the Beanstalk adalah sebuah eco-friendly vegan restaurant yang menyajikan menu makanan vegetarian bergaya western dan juga Korean fusion. Di tempat ini, kamu bisa menikmati salad, burger sayuran, steak, burritos, pizza, pasta, juice dan lain-lainnya yang kesemuanya dibuat dari bahan tumbuh-tumbuhan. Menggunakan nasi merah organik dan minyak yang lebih menyehatkan, seperti minyak bunga matahari dan kelapa, restoran ini bisa menjadi pilihanmu untuk singgah menikmati makanan sehat dan juga menuntaskan rasa lapar.

Menu Makanan di Jack and Beanstalk Busan
Kredit : Jack and Beanstalk

Jam Buka : 10.00 – 21.00 (last order pukul 20.00)

Alamat : Haneulchae Apartment complex, Namcheon 2-dong, Suyeong-gu, Busan, South Korea, 517-11

Cara Menuju ke Tempat ini : Ambil Subway Busan jalur 2, turun di Stasiun Namcheon dan keluarlah melalui pintu nomor 1. Lanjutkan dengan berjalan kaki sampai sejauh 90 m dan kamu akan melihat Hi-Mart di depan sebelah kanan. Belok kanan, dan lanjutkan berjalan sekitar 2 menit. Apartemen Haneulchae akan berada di sebelah kirimu.

Google Map:

10. Loving Hut – Hairlatte

Loving Hut - Hairlatte Busan
Kredit : Loving Hut

Tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru di Busan, salah satunya kamu mungkin ingin mencoba untuk datang ke Loving Hut – Hairlatte, sebuah tempat yang cozy untuk menikmati makanan vegan yang ada di Busan.

Di restoran ini, kamu bisa menikmati berbagai macam varian masakan, seperti steak, cutlet, bahkan sampai pizza pun ada. Minuman bebas alkohol dan berbagai macam dessert pun tersedia pula di tempat ini. Bahkan, di tempat ini pun menyediakan dosirak yang bisa kamu bawa pulang.

Loving Hut - Hairlatte Busan
Kredit : Loving Hut

Jam Buka : Selasa – Sabtu pukul 11.30 – 21.00 (last order pukul 20.00)

Menu : Buka disini

Alamat : 102, Rivers 5th, 14-1, Dongdaesin-dong, Seo-gu, Busan, South Korea

Google Map:


Nah, itulah sepuluh restoran yang bisa saya bagikan disini untuk kawan-kawan yang ingin coba merasakan makanan ramah muslim ketika pergi berjalan-jalan di Busan. Hmm… Selamat mencari dan selamat makan!


Comments

comments

Tinggalkan Balasan Anda Disini